Politeknik ATI Makassar Siap Jadi Corporate University BPSDMI Kemenperin

Corporate University BPSDMI merupakan strategi untuk meningkatkan kemampuan, produktivitas, dan daya saing SDM industri

Editor: Waode Nurmin
Dokumentasi
Politeknik ATI Makassar menggelar Internalisasi Program Corporate University di Lingkungan Politeknik ATI Makassar yang dilaksanakan pada Senin (29/8/2022) di Aula Kampus. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Politeknik ATI Makassar menggelar Internalisasi Program Corporate University di Lingkungan Politeknik ATI Makassar yang dilaksanakan pada Senin (29/8/2022) di Aula Kampus.

Kegiatan yang dihadiri seluruh pegawai tersebut menghadirkan Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Yedi Sabaryadi dan Tenaga Ahli Bidang Vokasi BPSDMI Kemenperin, Mujiyono.

Yedi Sabaryadi menjelaskan, untuk mendukung pembagunan industri nasional Indonesia sebagai negara industri tangguh, maka diperlukan penguatan kapasitas kelembagaan BPSDMI sebagai penyedia SDM Berkompeten.

Salah satu upaya penguatan posisi BPSDMI Kemenperin sebagai penyelenggara pembangunan SDM industri di tingkat Kementerian Perindustrian telah menetapkan kebijakan pembagunan Corporate University BPSDMI.

"Corporate University BPSDMI merupakan strategi untuk meningkatkan kemampuan, produktivitas, dan daya saing SDM industri, serta memastikan bahwa skill yang diperoleh dapat diimplementasikan dan memiliki link and match dengan kebutuhan industri,"jelasnya.

Mujiyono menambahkan, untuk mewujudkan kebijakan Corporate University, BPSDMI Kemenperin telah merevitalisasi visi dan misi seluruh unit pendidikan dan pelatihan di bawah naungannya untuk mencapai visi BPSDMI menjadi Vokasi Industri Bertaraf Global untuk mendukung pembangunan industri nasional yang berdaya saing dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara industri tangguh.

"Semua politeknik dan akademi komunitas, termasuk balai diklat memiliki visi dan misi yang disesuaikan dengan spesialisasinya masing-masing. Ada delapan misi yang harus dicapai, seperti menyelenggarakan pendidikan dual system bertaraf global, membangun dan mengembangkan kelembagaan inkubator bisnis industri, serta mengembangkan kelas industri untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri,"jelasnya.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan diri sebagai corporate university yang merupakan kebijakan dari BPSDMI Kementerian Perindustrian.

"Kegiatan internalisasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan membangun komitmen seluruh pimpinan dan pegawai dalam memperkuat pendidikan vokasi industri bertaraf global menuju Corporate University Politeknik ATI Makassar,"kata Basri.

Di samping itu, untuk meningkatkan peran dan fungsi Politeknik ATI Makassar agar menghasilkan tenaga kerja industri kompeten yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan industri. Serta menyusun langkah-langkah strategis roadmap pendidikan vokasi industri bertaraf global menuju corporate university di Politeknik ATI Makassar.

Selain mengenai kebijakan Corporate University BPSDMI Kemenperin, dalam kesempatan tersebut turut disosialisasikan mengenai PermenpanRB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara yang dibawakan perwakilan Biro OSDM Kementerian Perindustrian.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved