Pengabdian Masyarakat

Dosen MSP Unhas Laksanakan Pembelajaran Berbasis Lingkungan pada Anak Usia Dini di Pinrang

kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu perwujudan tri dharma perguruan tinggi dan melibatkan murid-murid di beberapa sekolah dasar negeri di Pal

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Muh. Irham
ist
Dosen Manajemen Sumber Daya Perairan (MSP), Dep. Perikanan, Fak. Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Unhas, sedang melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, di Kelurahan Pallameang, Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang. 

PINRANG, TRIBUN-TIMUR.COM - Program Studi (Prodi) Manajemen Sumber Daya Perairan  (MSP), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Unhas beberapa waktu lalu melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Kelurahan Pallameang, Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang.

Kegiatan yang bertajuk Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Berbasis Lingkungan sebagai Strategi Meningkatkan Kesadaran dan Kepedulian terhadap Ekosistem Mangrove itu, terlaksana sebagai hasil kerjasama antara Prodi MSP Unhas dan pemerintah Kabupaten Pinrang.

Ketua panitia, Prof Sharifuddin Bin Andy Omar menjelaskan, kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu perwujudan tri dharma perguruan tinggi dan melibatkan murid-murid di beberapa sekolah dasar negeri di Pallameang.

‘’Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sejak dini akan pentingnya pengetahuan mengenai ekosistem pesisir,’’ ujar Sharifuddin

Prof Abank, demikian ahli avertebrata air itu menjelaskan, sebelum dan sesudah pemaparan materi, dilakukan pre-test dan post-test kepada murid-murid  sekolah untuk mengetahui perkembangan dan daya serap  pengetahuan mereka tentang pentingnya ekosistem mangrove.

Para murid ini juga mendapatkan materi pengenalan mangrove dari  Nurlaela Abdullah B. S.Pi., tim penyuluh perikanan Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang.

Kegiatan pengabdian tersebut dihadiri Kepala Dinas Perikanan, Syahruddin, ST., M.Si., Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Ir. H. Sudirman, Korwil UPT Dikbud Kecamatan Mattiro Sompe, Nawawi, S.Pd., MM, para Penyuluhan Perikanan Muda, Pinrang dan dosen FIKP Unhas.

“Kami berharap kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan kepada anak sekolah dasar seperti ini dapat dialnjutkan pada murid-murid di sekolah lainnya, agar mereka dapat memahami sejak dini akan arti pentingnya kelestarian lingkungan hidup di masa depan” ujar Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Ir. Sudirman.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved