Rusia vs Ukraina

Intip Spesifikasi MLRS BM-21 Grad Rusia, Benteng Pertahanan Musuh Hancur Sekali Tembak

BM-21 Grad yang digunakan Rusia juga dikenal sebagai peluncur roket berganda 122 mm self-propelled yang dirancang era Uni Soviet.

Editor: Hasriyani Latif

TRIBUN-TIMUR.COM - Berikut ini spesifikasi MLRS BM-21 Grad yang digunakan Rusia yang efektif menghancurkan benteng pertahanan musuh hanya dengan sekali tembak.

Militer Federasi Rusia merilis rekaman video penggunaan sistem peluncur roket ganda MLRS Grad menggempur pertahanan angkatan bersenjata ukraina.

Baterai MLRS BM-21 Grad menghantam area yang dibentengi. MLRS BM-21 adalah singkatan boyevaya Mashina yang berarti kendaraan tempur.

BM-21 Grad juga dikenal sebagai peluncur roket berganda 122 mm self-propelled yang dirancang era Uni Soviet.

Sistem dan roket ini pertama kali dikembangkan pada awal 1960-an, dan digunakan untuk pertempuran pertama pada Maret 1969 selama konflik perbatasan Tiongkok-Soviet .

Sistem lengkap dengan kendaraan peluncuran BM-21 dan roket M-21OF ditetapkan sebagai sistem roket lapangan M-21. Sistem lengkap lebih dikenal sebagai sistem peluncur roket berganda Grad.

Melansir military-todaydotcom, Saat ini BM-21 Grad beroperasi dengan lebih dari 30 negara. Ini adalah sistem roket artileri yang paling banyak digunakan di dunia. Ada banyak varian, salinan dan modifikasi dari kendaraan ini.

BM-21 Grad memiliki 40 tabung peluncuran untuk roket 122 mm. Roket standar dilengkapi dengan hulu ledak High Explosive Fragmentation.

Panjangnya 2,87 m dan berat 66,6 kg. Hulu ledak itu sendiri memiliki bobot 18,4 kg.

Sistem roket artileri ini juga menembakkan roket yang dilengkapi dengan hulu ledak pembakar, kimia, asap, penerangan atau cluster.

Hulu ledak klaster berisi submunisi anti-tank atau anti-personil. Sejumlah hulu ledak khusus lainnya dikembangkan untuk sistem ini.

Salvo penuh BM-21 Grad meliputi area seluas 0,8-1 hektar. Senjata ini sangat efektif terhadap target area, seperti konsentrasi pasukan dan kendaraan, lapangan terbang dan sebagainya.

Dibutuhkan tiga menit untuk mempersiapkan kendaraan peluncur untuk menembak. Roket dapat diluncurkan langsung dari kabin atau dari jarak jauh dari kendaraan.

Dimungkinkan untuk meluncurkan roket tanpa mempersiapkan posisi menembak. Fitur ini memastikan waktu reaksi yang singkat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved