Dosen UNM Kenalkan PAUD Holistik Integratif di Kecamatan Banggae Majene

dosen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendorong kualitas PAUD di Sulawesi Barat dengan memperkenalkan PAUD Holistik Integratif

Penulis: Siti Aminah | Editor: Waode Nurmin
Dokumentasi
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pengabdian Masyarakat yang diprakarsai oleh sejumlah dosen PAUD UNM berlangsung di Kecamatan Banggae, Majene. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAJENE- Sejumlah dosen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Makassar (UNM) memperkenalkan PAUD Holistik Integratif (HI) di Kabupaten Majene.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pengabdian Masyarakat yang diprakarsai oleh sejumlah dosen PAUD UNM.

Ketua Pelaksana Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Muhammad Akil Musi mengatakan pelatihan ini dalam rangka mendorong kualitas PAUD di Sulawesi Barat.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari, mulai 7-8 Agustus 2022 di Kecamatan Banggae, Majene.

Pelatihan ini diikuti oleh 15 kepala satuan serta 10 tenaga pendidik dan kependidikan satuan PAUD.

"PAUD Holistik Integratif merupakan suatu program yang sudah lama dirintis, tetapi bentuk pelaksanaannya masih sebatas intervensi gizi dan kesehatan," ucap Akil Musi, Selasa (9/8/2022).

Karenanya PAUD HI ini belum menyentuh aspek keseluruhan dari program HI.

Untuk itu kata Akil sekaligus sebagai Asesor BAN PAUD PNF ini, sangat perlu dilakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan kualitas penyelenggaraan PAUD HI agar memiliki jangkauan yang lebih luas dan optimal.

“Jika PAUD HI dikombinasikan dengan literasi IT PAUD maka saya yakin sekali kualitas penyelenggaraan satuan PAUD akan jauh lebih baik ke depannya”, tambahnya.

Sementara itu, Ketua KKG PAUD yang juga Ketua IGTKI-PGRI Kecamatan Banggae Mariah Ulfa menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada pihak UNM atas pelaksanaan pelatihan PAUD HI ini.

Ia berharap agar UNM selaku perguruan tinggi dengan kualitas pengelolaan PAUD terbaik di Indonesia Timur akan terus memperhatikan laju pendidikan PAUD di Sulawesi Barat.

Menurutnya, melalui kegiatan ini maka literasi satuan PAUD tentu akan meningkat seiring dengan program pemerintah untuk terus memajukan pendidikan PAUD di Sulawesi Barat.

“Kami berharap UNM akan terus memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas satuan PAUD melalui kegiatan-kegiatan seperti ini”, kata Mariah.

Harapan tersebut juga pernah disampaikan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM, Prof Bakhrani Rauf.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved