Penerbangan kembali di Wakatobi

Kata Wakil Ketua DPRD Wakatobi soal Wings Air Minta Rp 6 M Terbangi Bandara Matahora

Dana tersebut sebagai jaminan satu tahun untuk mengisi 50 seat yang tersedia di pesawat Wings Air.

Penulis: Desi T Aswan | Editor: Hasriyani Latif
Dokumen Pribadi
Wakil Ketua DPRD Wakatobi La Ode Nasrullah. La Ode Nasrullah menyebut saat ini belum ada putusan untuk mengambil langkah pasti terkait penerbangan di Wakatobi.  

TRIBUN-TIMUR.COM - Maskapai Wings Air meminta Rp 6 miliar untuk subsidi penerbangan kembali di Bandara Matahora, Wakatobi

Dana tersebut sebagai jaminan satu tahun untuk mengisi 50 seat yang tersedia di pesawat Wings Air dan akan dipangkas sesuai dengan kursi kosong di setiap penerbangan. 

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wakatobi La Ode Nasrullah mengungkapkan hal inilah yang menjadi kendala hingga saat ini belum ada putusan untuk mengambil langkah pasti terkait penerbangan di Wakatobi

"Pihak maskapai mensyaratkan Rp 6 miliar sebagai dana jaminan. Nah nilai ini akan kita bahas melalui APBD Perubahan," jelasnya saat dihubungi Tribun-Timur.com

Sedangkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Wakatobi akan dibahas paling cepat September 2022 nanti. 

Nasrullah menilai anggaran Rp 6 miliar ini cukup besar, namun belum pernah dibahas dalam rapat DPRD. 

Apalagi, sambungnya sejauh ini belum ada surat resmi terkait usulan subsidi dari Pemerintah Kabupaten Wakatobi sehingga DPRD Waktobi juga belum bisa menindaklanjuti apapun secara resmi dalam forum di DPRD. 

"Kita sudah beritahu pihak Pemda untuk segera menyurat agar persoalan pesawat terbang kembali dapat segera terwujud. Tapi belum ada juga surat sampai saat ini. Kita mengikuti regulasi yang ada," jelasnya.

Sehingga, bagi Nasrullah, upaya Pemda Wakatobi perlu dimatangkan termasuk melakukan komunikasi dengan pihak maskapai untuk memastikan nilai yang telah disyaratkan.  

"Sebaiknya langkah normatifnya juga jalan, misalnya skema yg pernah ditawarkan dibawa ke DPRD utk dibahas bersama, agar ketika sudah ada titik terang dengan maskapai, di internal kita juga sudah clear," tegasnya. 

Nasrullah juga menegaskan DPRD Wakatobi tak akan mempersulit Pemerintah Kabupaten Wakatobi untuk upaya penerbangan kembali di Wakatobi

Seperti yang diisukan selama ini, tentang DPRD Wakatobi yang terkesan enggan menggubris Pemerintah Wakatobi untuk membicarakan penerbangan kembali pesawat. 

"Secara kelembagaan DPRD mendukung semua upaya pemerintah namun alangkah baiknya didudukkan bersama sehingga bisa terurai secara baik apa saja yg menjadi permasalahan," tuturnya. 

Ia juga menyebutkan pada tahun-tahun sebelumnya, pernah dilakukan langkah subsidi pada maskapai penerbangan Susi Air saat Bandara Matahora mulai beroperasi pertama kalinya.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved