Program Satu Data Pemkab Barru Harap Wujudkan Penyelenggaraan & Penyediaan Data Statistik Sektoral

Pelatihan tersebut dibuka oleh Asisten Administrasi Umum, drh Ma’ruf yang berlangsung di Hotel Horison Makassar, Selasa (19/7/2022).

Penulis: Darullah | Editor: Saldy Irawan
DOK PRIBADI
Pemkab Barru gelar Pelatihan Penyusun Metadata Statistik dan Penginputan Data Sektoral di Aplikasi Bolata Yassiberrui di Hotel Horison Makassar, Selasa (19/7/2022). 

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Pemkab Barru gelar Pelatihan Penyusunan Metadata Statistik dan Penginputan Data Sektoral di Aplikasi Bolata Yassiberrui.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Asisten Administrasi Umum, drh Ma’ruf yang berlangsung di Hotel Horison Makassar, Selasa (19/7/2022).

Ma’riuf mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bagian dari penyelenggaraan peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia.

"Program satu data bertujuan agar statistik sektoral dapat dimanfaatkan oleh Instansi dalam pemanfaatan data," ujarnya.

Dari pelatihan tersebut, pihaknya berharap terwujudnya koordinasi dengan kerjasama yang baik dalam penyelenggaraan dan penyediaan data statistik sektoral.

Ma'ruf memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah untuk menindaklanjuti Perpres 39 tahun 2019 yang secara teknis Pemerintah Kabupaten Barru telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2020 tentang Satu Data Terpadu Daerah.

"Regulasi ini juga bertujuan untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggujawabkan serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi daerah," paparnya.

Satu data Indonesia, kata Ma'ruf, harus dilakukan berdasarkan empat prinsip utama, diantaranya yaitu Data yang dihasilkan oleh produsen data harus memenuhi standar data.


Yang kedua, data yang dihasilkan oleh produsen data harus memiliki metadata.


Yang ketiga, data yang dihasilkan hatus Interoperabilitas Data.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved