Kesehatan

Mengenal Metode Militer, Cara Mudah Atasi Insomnia yang Sering Diterapkan Tentara

Tidur cepat dan nyenyak di malam hari membantu mengistirahatkan tubuh dan pikiran, setelah Anda beraktivitas seharian. 

Editor: Muh. Irham
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi tidur 

TRIBUN-TIMUR.COM - Masalah sulit tidur kini banyak dialami oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan. Terkadang seseorang telah mencoba berbagai macam cara agar bisa terlelap. Namun, mata tak kunjung bisa terpejam.

Bagi Anda yang mengalami sulit tidur di malam hari, Anda bisa mencoba cara mudah berikut ini agar Anda bisa tidur nyenyak dengan cepat.

Tidur cepat dan nyenyak di malam hari membantu mengistirahatkan tubuh dan pikiran, setelah Anda beraktivitas seharian. 

Mengutip Cleveland Clinic, kurang tidur menimbulkan efek negatif pada bagian tubuh dan otak, termasuk pada fungsi kognitif, ingatan, suasana hati, juga emosi.  Jika terus-menerus kurang tidur, bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, dan stroke. 

Menurut Sleep Foundation, tidur umumnya hanya membutuhkan waktu 10 menit. Lebih dari itu, dianggap terlalu lama tertidur dan merupakan gejala insomnia. 

Tapi tenang, ada beberapa cara sederhana yang ampuh agar bisa cepat tidur dengan nyenyak. Apa saja? 

Cara cepat tidur nyenyak

Melansir Healthline, ada beberapa metode yang bisa membantu tidur lebih cepat. Bahkan, hanya membutuhkan waktu 10 hingga 60 detik:

1. Metode militer 

Cara pertama agar cepat terlelap adalah menggunakan metode militer.

Anggota militer seringkali memiliki jadwal tidur yang tidak konsisten.  Metode ini dikembangkan untuk membantu para tentara mencapai tidur hanya dalam waktu 10 -30 detik. Berikut langkah melakukan metode militer: 

Rilekskan seluruh wajah, termasuk otot-otot di dalam mulut. 

Turunkan bahu untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan jatuh ke samping tubuh.  Buang napas dan rilekskan dada.  Rilekskan kaki, paha, dan betis.  Kosongkan pikiran selama 10 detik dengan membayangkan pemandangan yang menenangkan. 

Jika belum berhasil, coba ucapkan kata "jangan berpikir" berulang-ulang selama 10 detik. Lama-lama, Anda akan jatuh tertidur.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved