Kerukunan Masyarakat Pinrang

Rahasia Semangat Yassipenrangi Sebagai Pemersatu Wija Pirang di Manapun Berada

KKP mengadakan pelantikan pengurus, Halal Bihalal, dan Rakernas di Jakarta pada 26 Juni 2022

Editor: AS Kambie
Courtesy: Supratman Supa Athana
TOKOH PINRANG - Sejumlah tokoh Pinrang lintrasprofesi bertemu di Makassar, beberapa waktu lalu. Tokoh Pinrang di luar Bumi Lasinrang selalu memperbarui semangat Yassipenrangi untuk menjaga soliditas dan solidaritas. 

Oleh: Supratman Supa Athana
Dosen FIB Unhas asal Pinrang

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - ‘’Tangan Allah (berada) di atas jamaah”.

Hadits Riwayat Ibnu Abi Ashim disahihkan oleh al-Albani itu menjadi salah satu spirit bagi warga Pinrang dalam menjalankan dan mengembangkan roda organisasi daerah (Organda).

Hal itu sangat terasa tatkala berbagai organda dengan mengusung nama berbeda namun keanggotaanya berbasis pada kewargaan Pinrang akan melebur dalam satu organisasi.

Kisah cikal bikal peleburan sejumlah organisasi warga Pinrang dipicu saat pertemuan yang tak direncanakan antara ketua organizing comitte Kerukunan Keluarga Masyarakat Pinrang ( KKMP ), H Azhar Arzyad, Ketua Steering Committee (SC) Dr Muhktar Tahir Syarkawi, Sahman AT, dengan Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid dan Prof Jamaluddin Jompa di acara pengantin Andi Pangerang.

“Saya tidak akan hadir pada acara pembukaan Mubes KKMP bila tidak bersatu dengan organisasi KKP (Kerukunan Keluarga Pinrang),’ demikian kalimat Bupati Pinrang, Andi Irwan Hamid kepada H Azhar Arsyad di tengah acara pengantin yang ramai.

Secara kebetulan hadir pula Prof Jamaluddin Jompa pada pertemuan yang tak disengaja itu.

Prof JJ mengemukakan perasaan tak tak nyaman dengan adanya dualisme organda Pinrang. Ia menyarankan agar organda Pinrang sebaiknya bersatu dan tak ada friksi satu sama lain.

Kenyataan itu yang menjadi penyebab mengapa panitia musyawaran besar (Mubes) Kerukunan Keluarga Masyarakat Pinrang mengadakan rapat mendadak guna membicarakan dan merespon pandangan dari bupati Pinrang dan tokoh masyarakat Pinrang dan sekaligus Dewan Pengarah/Penasihat Kerukunan Keluarga Masyarakat PinrangProf JJ di Red Corner Café, Makassar 14 Juni 2022.

Setelah mengalami perdebatan panjang dan alot di antara panitia mubes KKMP pada akhirnya menemui kata sepakat bahwa mubes KKMP yang akan berlangsung pada 2 Juli di Rumah Jabatan Walikota Makassar diamanahkan untuk membahas rekomendasi tentang kesediaan untuk melebur dengan Badan Pengurus Pusat-Kerukunan Keluarga Pinrang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved