Pilpres 2024

JK dan 4 Orang Berpengaruh di Indonesia Disebut King Maker Pilpres 2024, Pengamat Prediksi Tugasnya

Kelima orang tersebut disebut kemungkinan besar memberi pengaruh besar terhadap capres yang akan bertarung pada Pilpres dua tahun lagi.

Editor: Ansar
TribunTimur.com
Jusuf Kalla disebut sebagai salah satu King Maker 2024 

TRIBUN-TIMUR.COM - Setelah muncul beberapa politisi yang disebut bakal bertarung di Pemilihan Presiden (Pilpres) 24, kini muncul sosok-sosok disebut King Maker.

Ada lima politisi senior yang disebut menjadi King Maker Pilpres 2024.

Kelima orang tersebut disebut kemungkinan besar memberi pengaruh besar terhadap capres yang akan bertarung pada Pilpres dua tahun lagi.

Salah satu sosok yang disebut King Maker adalah Jusuf Kalla (JK) tokoh asal Sulawesi Selatan.

Jusuf Kalla adalah Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia.

Munculnya nama-nama king maker tersebut akan menjadikan perhelatan pesta pemilihan 5 tahunan itu akan semakin ramai.

Pasalnya, pada Pilpres 2024 nanti, kemungkinan besar akan ada beberapa koalisi untuk mengusung Capres 2024.

Sejumlah nama capres yang hingga hari ini menghiasi survei, di antaranya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Tiga nama tersebut selalu nangkring di tiga besar. Sedangkan nama-nama tokoh politik lainnya surveinya di bawah 10 persen.

Para king maker nantinya yang akan menentukan dan membuat koalisi agar capres yang dinginkan bisa lolos syarat maju sebagai calon presiden. 

Siapa saja 5 King Maker Pilpres 2024? Berikut analisi pengamat politik, sekaligus Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda.

Hanta Yuda menyebut, kelima king makaer itu adalah Jokowi (presiden), Jusuf Kalla (pengusaha sekaligus mantan wakil presiden), Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum PDIP), Surya Paloh (Ketua Umum Partai Nasdem) dan Susilo Bambang Yudhoyono (Ketua Majelis Tinggi Partai Dmeokrat).

King Maker Pilpres 2024
5 King Maker Pilpres 2024, ada nama Jusuf Kalla (JK), Presiden Jokowi, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Yuda menyebut, berdasarkan kondisi peta politik yang diamatinya saat ini, termasuk sudah mulai terbentuknya koalisi-koalisi hingga pertemuan para petinggi partai politik, akan terbentuk tiga poros capres-cawapres untuk Pilpres mendatang.

 Adapun poros pertama, yakni PDIP karena memiliki presidential threshold (PT) tertinggi lebih dari 20 persen sehingga kata dia bisa mencalonkan sendiri.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved