Samsung

Jaringan 3G Mau Ditutup, Segera Pindah ke 4G dan Samsung Galaxy A03 Series Bisa Jadi Solusi

Operator seluler di Indonesia terus melanjutkan upaya migrasi jaringan 3G ke 4G, di mana prosesnya ditargetkan selesai pada tahun ini.

Editor: Edi Sumardi
SAMSUNG
Smartphone 4G Samsung Galaxy A03. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Operator seluler di Indonesia terus melanjutkan upaya migrasi jaringan 3G ke 4G, di mana prosesnya ditargetkan selesai pada tahun ini.

Ini terkait dengan kebijakan penghentian layanan jaringan 3G di Indonesia.

Namun, hingga pada hari ini, masih ada jutaan orang yang sehari-harinya masih bergantung pada jaringan 3G untuk mengakses internet dari ponsel.

Hal tersebut sangat disayangkan karena kualitas jaringan 3G sendiri sebenarnya sudah tidak semaksimal dulu dan jauh di bawah kualitas 4G.

Rata-rata kecepatan download yang dirasakan pengguna 3G 60 persen lebih rendah dari yang didapat oleh pengguna 4G.

Selain itu, pengguna smartphone yang hanya bisa terkoneksi dengan jaringan 3G saja hanya memiliki akses terhadap mobile data 82,2 persen dari keseluruhan waktu yang dimiliki, 14,4 persen lebih rendah dari pengguna jaringan 4G.

Dari situ, migrasi 3G ke 4G akan memberikan manfaat besar bagi para pengguna smartphone karena kecepatan jaringan 4G yang lebih tinggi dan lebih stabil dapat memperlancar keseharian penggunanya.

Ini manfaat yang bisa dirasakan saat beralih dari layanan 3G ke 4G:

1. Browsing, streaming video, sampai download konten jadi lebih lancar.

2. Komunikasi jadi lebih nyaman dengan berkirim chat yang jadi lebih cepat, video call tanpa putus-putus, hingga menelepon dengan layanan VoLTE yang suaranya lebih jernih.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved