Breaking News:

Kemenkumham Sulsel

12 UPT Kemenkumham Sulsel Diusulkan ke Panel TPI ZI WBK-WBBM

Evaluasi pembangunan ZI tanggal 23-27 Mei 2022 berjalan baik, 12 UPT yang telah dievaluasi dapat diusulkan ke tahap selanjutnya pada panel TPI pusat.

Penulis: Hutami Nur Saputri | Editor: Sudirman
Kemenkumham Sulsel
Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI menggelar exit meeting hasil evaluasi di Aula Kanwil Kemenkumham Sulsel. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI menggelar exit meeting hasil evaluasi di Aula Kanwil, Jumat (27/05/22).

Pertemuan ini menutup rangkaian kegiatan desk evaluasi pembangunan Zona Integritas (ZI) pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan.

Pendamping TPI, Inspektur Wilayah I Itjen Icon Siregar menyebut evaluasi pembangunan ZI dari tanggal 23-27 Mei 2022 berjalan baik, 12 UPT yang telah dievaluasi dapat diusulkan ke tahap selanjutnya pada panel TPI pusat.

Ia meminta UPT yang bersangkutan untuk menindaklanjuti rekomendasi TPI dengan baik dan melengkapi data dukung yang diperlukan agar ke-12 UPT bisa lolos ke Tim Penilai Nasional (TPN) Kemenpan RB.

Icon Siregar menyampaikan, pembangunan ZI merupakan kewajiban dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, pelayanan untuk pengabdian sesuai ketentuan, serta melaksanakan tugas dengan tulus.

“Mari kita komitmen sama-sama, kita ini pelayan masyarakat, bukan yang dilayani,” ujar Icon Siregar.

Pendamping Tim Penilai Internal, Inspektur Wilayah I Itjen Icon Siregar mengatakan evaluasi berjalan baik.
Pendamping Tim Penilai Internal, Inspektur Wilayah I Itjen Icon Siregar mengatakan evaluasi berjalan baik. (Kemenkumham Sulsel)

Icon mengingatkan jajaran Kemenkumham Sulsel untuk mengimplementasikan pesan Irjen, yaitu 7 karakter pribadi agung untuk mewujudkan keagungan Kemenkumham.

Selain itu juga core values ASN BerAKHLAK yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan menyampaikan terima kasih kepada Irwil dan TPI yang telah melaksanakan penilaian sekaligus memberikan motivasi kepada ke-12 UPT Kemenkumham Sulsel.

"Kita sudah berusaha semaksimal mungkin. Semoga apa yang kita harapkan dari 12 UPT yang dapat usulan akan masuk semua dan bisa diterima oleh panel TPI sehingga bisa maju ke TPN," ujar Nur Ichwan mewakili Kakanwil Sulsel Liberti Sitinjak yang berhalangan hadir.

Harapannya, Kanwil Kemenkumham Sulsel bisa meraih WBBM dan UPT lainnya bisa mendapat WBK dan WBBM.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan mewakili Kakanwil Liberti Sitinjak yang berhalangan hadir.
Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Nur Ichwan mewakili Kakanwil Liberti Sitinjak yang berhalangan hadir. (Kemenkumham Sulsel)

Pengendali Teknis TPI Itjen, Nur Sofiyah menyampaikan bahwa timnya telah melaksanakan evaluasi, dimulai pada penilaian hasil aplikasi erb, wawancara, dan diskusi dengan tim untuk merumuskan hasil akhir dari penilaian WBK/WBBM ini.

Dari hasil kegiatan tersebut, ke-12 UPT dinyatakan dapat diusulkan maju ke panel TPI.

Sebanyak 6 UPT diusulkan untuk memperoleh predikat WBBM diantaranya: Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Kanim Parepare, Lapas Watampone, Bapas Watampone, Rutan Pinrang, Rutan Pangkajene.

Kemudian 6 UPT lainnya diusulkan untuk memperoleh predikat WBK yaitu: Lapas Makassar, Lapas Palopo, Rudenim Makassar, Kanim Palopo, Rutan Jeneponto, dan Rutan Makale.

Pertemuan ini menutup rangkaian kegiatan desk evaluasi pembangunan zona integritas.
Pertemuan ini menutup rangkaian kegiatan desk evaluasi pembangunan zona integritas. (Kemenkumham Sulsel)

"Dengan hasil ini, kami harus berjuang di panel TPI pada 19 Juni mendatang. Kami akan berjuang dengan data yang telah Bapak/Ibu sampaikan untuk kita bahas bersama di panel TPI nantinya." kata Nur Sofiyah.

Nur Sofiyah mengungkapkan bahwa kegiatan panel TPI selanjutnya akan menjadi diskusi panjang dan alot.

Untuk itu, pihaknya meminta kerja sama seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulsel untuk melengkapi dan menggenapi atas hasil evaluasi ini.

"Kami berharap Kepala UPT dan Pokja ZI dari 12 Satker yang diusulkan ke panel TPI nantinya dapat segera melengkapi apa-apa yang kami simpulkan dari desk evaluasi ini," pinta Nur Sofiyah.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved