Opini Tribun Timur

Bekas Ramadhan

Pasca Ramadhan dan masuk lebaran, hal yang harus direnungi yaitu apa dampak dari puasa, shalat tarawih, tilawah al Quran, ZIS dan ibadah lainnya

Editor: Sudirman
DOK PRIBADI
Rektor ITB Kalla, Syamril 

Syamril

Rektor ITB Kalla

Pasca Ramadhan dan masuk lebaran, hal yang harus direnungi yaitu apa dampak dari puasa, shalat tarawih, tilawah al Quran, ZIS dan ibadah lainnya pada diri kita?

Ramadhan sebagai proses pembinaan diri diharapkan memberikan dampak perubahan. Ibarat puasanya ulat yang mengubahnya menjadi kupu-kupu.

Berubah menjadi lebih baik, indah dan bermanfaat.

Ada 5 ciri-ciri puasa manusia yang berkarakter kupu-kupu yaitu ikhlas, sabar, lembut, amanah dan manfaat. Dapat disingkat dalam akronim ISLAM.
Ikhlas yaitu tulus tanpa pamrih, melakukan sesuatu semata-mata karena Allah.

Cirinya tetap berbuat baik meskipun tidak mendapat pujian. Atau tidak berhenti berbuat baik meskipun mendapatkan cacian dan hinaan.

Semua tetap dilakukan karena Allah. Puasa sebagai ibadah rahasia hanya Allah dan yang berpuasa yang tahu.

Bisa saja berpura-pura puasa. Tapi itu tidak dilakukan karena yakin Allah pasti Tahu. Keyakinan ini akan membuat kita ikhlas dalam beramal.
Ciri kedua yaitu sabar.

Puasa melatih kita menahan diri dari 3 hal yang membatalkan puasa yaitu makan, minum dan hubungan suami istri. Ketiga hal itu di kondisi normal adalah hal yang halal.

Namun menjadi haram saat puasa. Asumsinya yang halal saja bisa dihindari apalagi yang haram.

Sabar ada tiga jenis yaitu sabar menghadapi musibah, menjalankan perintah dan menjauhi larangan. Puasa melatih sabar jenis kedua dan ketiga.

Sabar menghadapi musibah relatif lebih mudah karena tidak ada pilihan. Sabar menjalankan perintah dan menjauhi larangan lebih sulit karena melawan hawa nafsu dan rasa malas. Itulah yang dilatih di bulan Ramadhan.

Ciri ketiga yaitu lembut dan luhur. Maksudnya madrasah ramadhan melatih kita memiliki hati yang lembut sehingga mudah tersentuh saat mendengar ayat Al Qur'an dibacakan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved