Desa Wisata Matano

Ini Daya Tarik Desa Wisata Matano Luwu Timur yang Tembus Top 50 ADWI 2022

Wisatawan akan dimanjakan eksotisnya Danau Matano, yang airnya jernih dan segar, ditambah pemandangan pegunungan yang hijau.

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Hasriyani Latif
Morina Matano
Danau Matano punya kedalaman sekitar 600 meter tercatat danau terdalam di Asia Tenggara dan danau terdalam ke-10 di dunia. 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Desa wisata Matano, Kecamatan Nuha, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) masuk top 50 terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

ADWI adalah program Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Ini dilakukan untuk melihat potensi dimiliki desa wisata, termasuk mendorong ekonomi kreatif dan tumbuhnya pariwisata berbasis potensi lokal.

Sebab di setiap desa wisata terdapat potensi yang bisa dijual untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tahun ini, terjaring 3.419 desa wisata di seluruh Indonesia, tersebar di 34 provinsi yang telah mendaftar via aplikasi Jadesta (Jejaring Desa Wisata).

Beragam kurasi sudah dilalui berdasarkan penilaian dewan juri untuk 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jadesta mulai dari proses kurasi

Kemudian dilakukan kurasi oleh dewan juli hingga menghasilkan 500 besar, 300 besar, 100 besar dan 50 besar dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Lalu, apa saja daya tarik Desa Wisata Matano Luwu Timur?

Wisatawan akan dimanjakan eksotisnya Danau Matano yang airnya jernih dan segar, ditambah pemandangan pegunungan yang hijau.
Wisatawan akan dimanjakan eksotisnya Danau Matano yang airnya jernih dan segar, ditambah pemandangan pegunungan yang hijau. (Morina Matano)

Untuk menuju Desa Wisata Matano, wisatawan menyeberang lewat Dermaga Molino Sorowako, menggunakan perahu kayu yang disebut Rap.

Jarak tempuh sekitar satu jam lebih, tapi tidak usah khawatir bosan selama diperjalanan.

Wisatawan akan dimanjakan eksotisnya Danau Matano, yang airnya jernih dan segar, ditambah pemandangan pegunungan yang hijau.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved