Mutiara Ramadhan 2022

Terjemahan Intisari Khotbah Nabi di Awal Bulan Ramadan

Ini adalah bulan yang mengundang Anda untuk menjadi tamu Allah dan mengundang Anda untuk menjadi salah satu dari mereka yang dekat Dia.

Editor: AS Kambie
dok.tribun
Supratman Supa Athana, Dosen Kajian Timur Tengah FIB Unhas 

Khotbah Nabi di Awal Bulan Ramadan
Oleh: Supratman Supa Athana
Dosen FIB Unhas

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Wahai manusia! Sesungguhnya di hadapanmu adalah bulan yang diberkahi Allah.

Bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan.

Bulan yang bagi Allah adalah bulan-bulan terbaik, siangnya adalah hari-hari terbaik, malam-malamnya adalah malam-malam terbaik dan jam-jamnya adalah jam-jam terbaik.

Ini adalah bulan yang mengundang Anda untuk menjadi tamu Allah dan mengundang Anda untuk menjadi salah satu dari mereka yang dekat Dia.

Setiap tarikan napas adalah zikir; tidurmu adalah ibadah, amalanmu diterima dan doamu dikabulkan.

Maka berdoa dan mintalah kepada Allah untuk memberi Anda tubuh yang sehat dan hati yang tercerahkan sehingga dapat berpuasa dan membaca kitabNya, karena hanya orang yang celaka yang tidak mendapatkan ampunan Allah selama bulan Ramadan.

Ingatlah rasa lapar dan haus pada hari kiamat.

Antisipasi dengan memberi sedekah kepada fakir miskin, menghormati yang tua, menyayangi yang muda, menjaga hubungan sanak famili, menjaga lidah, menjaga mata dari apa yang tidak halal untuk dilihat, dan menutup telinga dari haram untuk didengar, sayangi anak yatim dari suatu kaum agar kasih sayang itu didapatkan pula anak-anak yatim dari keluargamu.

Bertobatlah kepada Allah atas dosa-dosa Anda, dan angkat tangan Anda dalam doa selama waktu-waktu ini, karena itu adalah waktu terbaik dan Allah melihat makhluk-Nya dalam kebaikan, membalas mereka selama waktu ini dan memberikan kebutuhan mereka jika seorang hamba memohon kepadaNya.

Wahai manusia!

Sesungguhnya jiwamu tergantung pada amal perbuatanmu, membebaskannya dengan istighfar (taubat); meringankan bebannya dengan sujud panjang; dan ketahuilah bahwa Allah bersumpah dengan kekuatan-Nya bahwa tidak ada azab bagi orang yang shalat dan sujud dan tidak pula perlu takut kepada api neraka pada hari manusia menghadap Tuhan semesta alam.

Wahai manusia!

Orang yang `memberi buka puasa pada orang yang berpuasa di bulan ini seperti orang yang membebaskan seorang budak dan diampuni semua dosa yang lalu.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved