Amran Mahmud Ancam Pecat Herman dan Faisal

Demikian ditegaskan Amran Mahmud pada acara peresmian Sentra Layanan Universitas Terbuka atau Salut, di Jl Bau Mahmud, Wajo, Jumat (1/4/2022).

Tribun Timur
Bupati Wajo Amran Mahmud saat menyampaikan sambutan pada acara peresmian Sentra Layanan Universitas Terbuka atau Salut, di Jl Bau Mahmud, Sengkang, Kabupaten Wajo, Jumat (1/4/2022) 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Nasib Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Wajo Herman dan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Wajo Faisal terancam.

Bupati Wajo Amran Mahmud mengancam mencopot keduanya jika dalam waktu satu tahun tidak mampu meningkatkan rata-rata lama sekolah (mean years school) masyarakat Wajo.

Demikian ditegaskan Amran Mahmud pada acara peresmian Sentra Layanan Universitas Terbuka atau Salut, di Jl Bau Mahmud, Sengkang, Wajo, Jumat (1/4/2022).

“Maka saya tugaskan hari ini, jajaran Dinas Pendidikan dengan BKPSDM untuk bekerja keras. Saya berikan waktu setahun untuk bekerja keras, tahun depan saya evaluasi,” katanya.

Amran Mahmud menyebutkan, persentase rata-rata lama sekolah di Kabupaten Wajo tergolong rendah.

Di Wajo, rerata lama sekolah 6,81 tahun, sedangkan pada tingkat provinsi 8,38 tahun dan pusat 8,54 tahun.

“Berarti masih di bawah dari nasional 8,54 dan di bawah provinsi 8,38. Apa artinya ini? Kalau kita rata-ratakan berarti orang Wajo ini masih kelas 6 SD atau kelas 1 SMP,” katanya.

Olehnya, Amran Mahmud meminta kepada OPD terkait, khususnya Disdikbud dan BKPSDM Wajo untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah itu.

“Untuk bagaimana mencapai tadi rata-rata lama sekolah di wajo ini minimal sama dengan tingkat nasional dan tingkat provinsi,” katanya.

Sebelumnya, pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dipaparkan Amran Mahmud, ada kenaikan 0,47 persen dari 2020 ke 2021.

Pada 2020 lalu, persentase IPM Kabupaten Wajo 69,15 persen dan pada 2021 persentasenya meningkat menjadi 69,62 persen.

"Walaupun kenaikannya itu cuma nol koma, nol koma tiap tahun, tidak pernah menurun, ada peningkatan. Termasuk sektor pendidikannya," katanya.

Salah satu aspek pada IPM adalah rata-rata lama sekolah.

Diketahui, peresmian Salut di Jl Bau Mahmud itu dihadiri Rektor UT Prof Ojat Darojat, dan mantan Rektor Unismuh Prof Abdul Rahman Rahim.(TribunWajo.com)

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved