Kehebatan Jusuf Kalla Bisa Damaikan Aceh Antar Husain Abdulah Jadi Doktor di Unpad Bandung

Mengapa Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla bisa mendamaikan Aceh, padahal GAM (Gerakan Aceh Merdeka) memiliki tekad kuat untuk menjadikan

Editor: Edi Sumardi
DOK PRIBADI
Jubir Jusuf Kalla, Husain Abdullah 

TRIBUN-TIMUR.COM - Mengapa Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla bisa mendamaikan Aceh, padahal GAM (Gerakan Aceh Merdeka) memiliki tekad kuat untuk menjadikan Aceh merdeka, pisah dari NKRI?

Di sinilah Jusuf Kalla atau akrab disapa JK berhasil membuktikan dirinya sebagai juru damai yang piawai.

Tak hanya mampu mendamaikan konflik di dalam negeri, namun juga dipercaya untuk ikut berupaya mendamaikan konflik di Timur Tengah, Afghanistan.

JK bahkan berani menemui pemimpin Taliban, kelompok militan ekstrem yang menguasai yang menguasai Afghanistan.

Kepiawaian JK dalam berdiplomasi, berkomunikasi dengan pemberontak hingga bisa meredam konflik menjadi objek riset juru bicaranya, Husain Abdullah dalam penyusunan.

Kamis (31/3/2022), hari ini, disertasi berjudul “Resolusi Konflik Berbasis Faktor Idiosinkratik: Peran Kepemimpinan M Jusuf Kalla dalam Proses Perdamaian Aceh" itu dipertahankan dalam ujian promosi doktor Hubungan Internasional pada Sekolah Pascasarjana, Universitas Padjadjaran (Unpad).

Ujian berlangsung pada Kamis pagi, di kampus Sekolah Pascasarjana Unpad, Bandung, Jawa Barat.

Salah seorang penguji, ‪Windy Dermawan‬ menanyakan kenapa JK menjadi tema sentral dalam riset untuk penulisan disertasi ini.

"Saya ingin mengetahui mengapa saudara meneliti kajian perdamaian dan menjadikan Bapak Jusuf Kalla sebagai tema sentral dari desertasi ini?" kata Windy Dermawan bertanya.

Husain Abdullah sekaligus mantan jurnalis televisi dan dosen Hubungan Internasional pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin kemudian memaparkan jika dirinya berkesempatan mendampingi JK dalam proses perdamaian.

"Saya sebagai akademisi dalam Hubungan Internasional telah berkelana hingga akhirnya saya mendapat kesempatan mendampingi Jusuf Kalla. Di situ saya mendapat kesempatan dan melihat rekam jejak beliau terlibat dalam perdamaian. Step perjalanan JK sudah lebih banyak dari yang terekam di media,  aktivitas sebenarnya sudah ke mana – mana. Juga telah sampai ke Afghanistan dan diterima baik di sana. JK sudah diakui sebagai juru damai," tutur Husain Abdullah.

Husain Abdullah pun dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved