Breaking News:

Seragam Satpam

Polri Ubah Warna Seragam Satpam Mulai Tahun Depan, Biaya Seragam Ditanggung Perusahaan

Polri masih memberi kesempatan kepada seluruh satpam di Indonesia untuk menggunakan seragam yang mirip seragam polisi hingga akhir tahun

Editor: Muh. Irham
TribunJabar
Seragam Satpam 

TRIBUN-TIMUR.COM - Polri memastikan jika warna seragam baru satpam akan mulai diberlakukan pada akhir 2022 mendatang.

Polri masih memberi kesempatan kepada seluruh satpam di Indonesia untuk menggunakan seragam yang mirip seragam polisi hingga akhir tahun agar dianggap tidak mubazir.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa rentang waktu pengadaan tersebut dilakukan agar seragam sebelumnya tak sia-sia.

"Kalau seandainya (pengadaan) pakaian itu diasumsikan satu tahun sekali, nah artinya salah satu alasan supaya tidak mubazir begitu. Sehingga, ada masa satu tahun setelah berlakunya peraturan kepolisian," kata Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/1).

Baca juga: Warna Baju Seragam Satpam Terbaru dari Mirip Polisi Indonesia ke Mirip Polisi India, Lihat Buktinya

Baca juga: Kenapa Seragam Satpam Mirip Seragam Polisi? Ini Penjelasannya

Menurut Ramadhan, setelah aturan mengenai seragam baru satpam diterbitkan, seluruh perusahaan penyedia jasa keamanan wajib mematuhi aturan tersebut. Sehingga, perubahan warna seragam Satpam mutlak harus dilakukan.

Perusahaan, kata dia, akan mendapat waktu satu tahun selama masa sosialisasi sehingga nantinya seragam satpam dengan warna yang baru dapat digunakan.

"Ada juga yang mungkin, ada memiliki kemampuan atau memiliki keinginan mengganti itu dipersilakan gitu ya. Bukan dilarang. Artinya masa sosialisasi 1 tahun itu tidak diwajibkan untuk gunakan seragam yang baru," tambah dia.

Ramadhan menegaskan bahwa pengadaan seragam tersebut sepenuhnya tanggung jawab perusahaan penyedia jasa.

Ramadhan menuturkan polisi tak akan mengintervensi lebih lanjut mengenai proses tersebut. Pasalnya, kata dia, Satpam bukan merupakan bagian dari struktur yang berada di bawah Polri.

"Itu (pengadaan) nanti antara satpam dan tempat bekerjanya," jelasnya.

Baca juga: Polri Beber Alasan Sebenarnya Seragam Satpam Berubah Warna Jadi Krem, Kata-kata Dulu dan Kini Beda

"Satpam itu kan ada yang menggunakan. Jadi bukan kita yang membebankan. Karena yang menggunakan user. Saya tak mencampuri dan intervensi itu," tambah dia.

Sebagai informasi, Polri berencana untuk kembali merubah warna seragam satpam dari semula warna cokelat muda menjadi krem. Polri mengatakan bahwa upaya itu dilakukan lantaran banyak masyarakat yang bingung dengan perbedaan seragam Satpam dengan personel kepolisian.

Penyesuaian seragam Satpam saat ini diatur melalui Peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang diundangkan pada 5 Agustus 2020. Dahulu, satpam mengenakan seragam berwarna biru tua.

Merujuk pada beleid Perkap 4/2020, terdapat sejumlah penyesuaian baru bagi anggota Satpam. Misalnya, kini anggota Satpam memiliki kepangkatan berjenjang yang terbagi menjadi tiga golongan. Kemudian, terdapat batas umur bagi anggota Satpam untuk pensiun.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved