Breaking News:

Pesona Desa Maros

Pemdes Moncongloe Bulu Selaraskan APBDes 2022 dengan Pepres No 104 Tahun 2021

Dalam Pepres no 104 tahun 2021 disebutkan bahwa dana desa tahun 2022 akan diatur penggunaannya untuk BLT, ketahanan pangan, dan penanganan Covid 19.

Abd Rasyid
Penetapan APBDes tahun ini diselaraskan dengan Pepres no 104 tahun 2021 tentang penggunaan dana desa tahun 2022. 

Laporan Abd Rasyid

Sekretaris Desa Moncongloe Bulu, Kecamatan Moncongloe, Maros.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAROS - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama Pemerintah Desa Moncongloe Bulu melaksanakan pembahasan dan penetapan APBDes tahun 2022.

Rapat tahunan ini digelar di Aula Kantor Desa Moncongloe Bulu, Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, pada Rabu (5/1/22).

Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun ini diselaraskan dengan terbitnya Peraturan Presiden (Pepres) no 104 tahun 2021 tentang penggunaan dana desa tahun 2022.

Rapat tahunan ini digelar di Aula Kantor Desa Moncongloe Bulu, Kecamatan Moncongloe, Maros.
Rapat tahunan ini digelar di Aula Kantor Desa Moncongloe Bulu, Kecamatan Moncongloe, Maros. (Abd Rasyid)

Dalam Pepres tersebut disebutkan bahwa dana desa tahun 2022 akan diatur penggunaannya untuk program perlindungan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) paling sedikit 40%.

Kemudian program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20%, dan dukungan pendanaan penanganan Covid 19 paling sedikit 8% dari dana setiap desa.

“Masyarakat itu perlu tahu terkait Pepres 104 yang menjadi patokan Pemdes dalam pembuatan APBDes 2022,” ungkap Muhammad Tahir selaku Kepala Desa Moncongloe Bulu.

Sementara Ketua BPD Moncongloe Bulu, Anwar menyampaikan dalam sambutannya agar ke depannya Desa Moncongle Bulu bisa lebih berkembang dengan memanfaatkan potensi desa yang ada, sehingga bisa menghasilkan PAD Desa.

Penetapan APBDes tahun 2022 berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
Penetapan APBDes tahun 2022 berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Abd Rasyid)

Kegiatan pun dilanjutkan dengan penjelasan alur pembahasan dan penetapan APBDes tahun 2022 oleh Badar selaku TA P3MD Kabupaten Maros.

Proses penetapan APBDes tahun 2022 berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Desa Moncongloe Bulu, Muhammad Tahir dalam sambutannya juga menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi prokes dan segera melakukan vaksinasi bagi yang belum vaksin.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Moncongloe yang diwakili oleh Sekretaris Camat Moncongloe, Kadis PMD Kabupaten Maros diwakili oleh Kasi Monev PMD Muh Rizal, TA P3MD Kabupaten Maros Badar, PDTI Kecamatan Moncongloe Risma, PLD Desa Moncongloe Bulu Sahrir, Kepala Desa Moncongloe Bulu Muhammad Tahir, Ketua BPD Moncongloe Bulu Anwar, Kepala Dusun se-Desa Moncongloe Bulu, RT se-Desa Moncongloe Bulu, Imam, Bidan Desa, BKKBN, PPL Pertanian, Ketua Penggerak PKK di Desa Moncongloe Bulu Hanik, Tokoh agama dan pemuda serta perwakilan perempuan.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved