11 Tahun Berdiri, Berikut Deretan Kegiatan TBMPC

Organisasi pemerhati pusaka The Bugis Polobessi Club (TBMPC) rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 pada 24 Desember 2021.

Editor: Rasni
Istimewa
Flyes HUT ke-11 TBMPC 

TRIBUN-TIMUR.COM - Organisasi pemerhati pusaka The Bugis Polobessi Club (TBMPC) rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 pada 24 Desember 2021.

HUT ini dirayakan sederhana di tengah masa Pademi Covid 19 dengan melibatkan sebagian besar pengurus dan anggota TBMPC.

Bareng Aktifis Perkerisan Nusantara pihaknya sudah mengadakan sejumlah program bertaraf nasional dan internasional.

Ahmad Ube, Ketua Umum TBMPC, menjelaskan tbmpc dibentuk sebagai wadah untuk mengembangkan dan melestarikan Polo Besi (Besi Mulia).

“Perlu kita mensyukuri prestasi teknonogi tempa masyarakat Sulawesi Selatan, yang telah dicapainya beratus-ratus tahun silam. Ini dapat mengispirasi pengembangan kebudayaan non benda, menjadi penguat rasa cinta tanah air,” Kata Ahmad Ube.

Ahmad mengungkapkan bahwa Polo Bessi mengandung nilai budaya luhur dan dapat dijadikan landasan idiologis pembangunan manusia berharkat dan bermartabat.

Perjalanan delapan tahun, TBMPC masih sangat belia. Untuk itu, kata Ahmad perlu kita syukuri dan menjadikan momentum ini sebagai ajang mempererat persaudaraan.

Sementra itu, Sekretaris TBMPC Imran Syahruddin mengatakan bahwa Kegiatan TBMPC ini dimulai 2013 sampai 2018 meliputi pameran pusaka di taman mini Jakarta, Pameran pusaka di gedung kesenian dimedan, benteng rotherdam Makassar, Balla Lompoa Gowa, dan Pameran Pusaka di Sidrap.

ada juga pameran pusaka pada HUT Kota Bone, Pameran Pusaka di Palopo dan saat ini telah meluncurkan penerbitan buku keris bugis makassar, buku keris bugis serumpun, dan katalog pusaka dua kali penerbitan.

Even internasional juga telah diikuti yakni di dua negara yaitu Pameran di Park Hyatt Erawan Bangkok Bangkok Thailand pada tanggal 24 s.d 25 Agustus 2015 dan Pameran di Central Library National Univetlrsity of Singapore pada 27 Agustus s.d 4 September 2015 bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia untuk Singapur.

Kegiatan TBMPC menurut Imran Syahruddin ini bukan hanya sebatas pameran pusaka tetapi terlibat juga dalam kegiatan-kegiatan sosial dimasyarakat seperti bencana alam, bakti sosial, angjasana anak2 yatim, dan kegiatan dibulan ramdhan.

Selaku koordinator Divisi Humas Mohammad Yani mengatakan bahwa untuk menunjang kegiatan-kegiatan TBMPC tersebut, telah dibentuk kepengurusan organisasi yang terdiri dari Divisi Humas dan Kesekretariatan, Divisi Pendanaan dan Sosial, Divisi Organisasi dan Pengembangan Seni Budaya, Divisi Hukum dan Advokasi yang anggota TBMPC saat ini berjumlah 110 orang dan tersebar bukan hanya di Sulawesi Selatan tapi juga di luar Sulsel yakni Singapur, Jakarta, Medan, Batam, Jambi, Kalimantan Tengah, Lampung, Palu, dan Pasang Kayu Sulbar. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved