Breaking News:

Tribun Soppeng

Pertama di Indonesia, Pemkab Soppeng Lindungi Petani dengan BPJS Ketenagakerjaan

Yakni, memberikan perlindungan bagi para petani melalui program Sutasoma, atau sistem perlindungan petani Soppeng maju dan sejahtera.

tribun-timur/hardiansyah
Inovasi Sutasoma diresmikan langsung Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, bersama Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin, serta Bupati dan Wakil Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak dan Lutfi Halide. Peresmian Sutasoma itu berlangsung di Desa Pising, Kecamatan Donri-donri, Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (29/12/2021). 

TRIBUNSOPPENG.COM, DONRI-DONRI - Pemerintah Kabupaten Soppeng, menggandeng BPJS Ketenagakerjaan membuat sebuah terobosan yang inovatif dan pertama di Indonesia.

Yakni, memberikan perlindungan bagi para petani melalui program Sutasoma, atau sistem perlindungan petani Soppeng maju dan sejahtera.

Inovasi Sutasoma itu pun diresmikan langsung Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, bersama Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin, serta Bupati dan Wakil Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak dan Lutfi Halide.

Peresmian Sutasoma itu berlangsung di Desa Pising, Kecamatan Donri-donri, Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (29/12/2021).

Andi Kaswadi Razak menyebutkan bahwa inovasi tersebut adalah sebagai bentuk nyata kehadiran pemerintah untuk melindungi para petani yang merupakan pahlawan ketahanan pangan.

"Ini adalah yang pertama, ada asuransi untuk melindungi petani kita. Ini yang pertama di Sulsel, dan di Indonesia," katanya.

Dari 57.000 lebih jumlah petani yang terdata di Bumi Latemmamala, setidaknya sejak Sutasoma digagas November 2021 lalu, sudah ada 3.000 lebih petani yang menjadi peserta.

Sementara itu, Zainudin menyebutkan, para petani memang sangat rentan mengalami kecelakaan kerja.

"Orang (pekerja) yang banyak tidak terlindungi itu adalah sektor informal, salah satunya petani," katanya.

Olehnya, mantan Deputi Direktur Bidang Kepesertaan Korporasi dan Institusi BPJS Ketenagakerjaan itu menyebutkan bahwa melalui Sutasoma yang digagas di Kabupaten Soppeng ini, bisa menjadi gerakan nasional untuk melindungi para petani.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved