Breaking News:

Pemkab Luwu Utara

Bupati Luwu Utara Minta PMI Bangun Resilience Bersama Masyarakat Hadapi Bencana

Bupati yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Luwu Utara berpesan pada para pengurus PMI agar menyusun program kerja yang adaptif

Penulis: Chalik Mawardi | Editor: Muhammad Fadhly Ali
Humas Pemkab Lutra
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menyampaikan sambutan di Musyawarah Kerja dan Pembukaan Diklatsar KSR PMI Unit Markas Angkatan V di Aula La Galigo, Masamba, Minggu (19/12/2021). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Musyawarah Kerja dan Pembukaan Diklatsar KSR PMI Unit Markas Angkatan V berlangsung di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara, Masamba, Minggu (19/12/2021).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani yang sebelumnya mengikuti sepeda santai bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Luwu Utara di Taman Siswa Masamba.

Bupati yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Luwu Utara berpesan pada para pengurus PMI agar menyusun program kerja yang adaptif dan mengedepankan mitigasi.

"Salah satu mandat dari PMI adalah penanggulangan bencana," kata dia.

"Kalau kita bicara penyelenggaraan penanggulangan bencana aturannya jelas pada UU Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana," tambahnya.

Tahapannya, lanjut dia adalah pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana.

"Untuk itu PMI harus hadir di semua tahapan tersebut,” katanya.

Ia berharap program kerja yang disusun dapat menggerakkan SDM untuk hadir, sebab tujuan akhirnya adalah membangun ketahanan (resilience) bersama masyarakat.

“Dalam PMI ada program kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat. Saya berharap banyak melalui musyawarah kerja dan diklatsar kemudian betul-betul semakin membuat kita lebih tangguh dalam menghadapi potensi terjadinya bencana di masyarakat, termasuk kemandirian untuk bangkit setelah bencana," katanya.

"Terlebih yang kita hadapi bukan hanya bencana alam akibat perubahan iklim yang begitu terasa, tapi juga bencana non alam yaitu pandemi Covid-19,” terang bupati perempuan pertama di Sulsel.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved