Breaking News:

Satpol PP Sulsel

2021, Satpol PP Tertibkan 10 Item Aset Pemprov, Sultan: Agenda Penertiban 2022 Lebih Banyak!

Satpol PP juga menarik puluhan mobil dinas karena tidak sesuai lagi peruntukannya, sejumlah barang-barang elektronik, satu unit jet sky

Editor: Muh. Irham
Dok Satpol PP Sulsel
Kabid Ops Trantib Satpol PP Sulsel Sultan Rakib saat melakukan penertiban aset Rumdis Pemprov Sulsel di Jl Sultan Alauddin dan Andi Tonro Makassar 

TRIBUN-TIMUR.COM — Selama 2021 ini, Pemprov Sulsel melalui Satpol PP Sulsel bersama Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel telah menertibkan dan menyelamatkan sedikitnya 10 item aset Pemprov Sulsel yang dikuasai oleh pihak yang bukan peruntukannya.

Kesepuluh item aset pemprov tersebut adalah; Areal pertanian di Punaga Kabupaten Gowa, tiga rumah dinas kelas I yang diperuntukkan bagi pejabat eselon II di Jl Hertasning Makassar, dua lokasi asrama Satpol PP Sulsel di Makassar, 7 rumah dinas (Rumdis) dengan pengelola aset Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Sulsel, serta puluhan motor dinas.

Selain itu, Satpol PP juga menarik puluhan mobil dinas karena tidak sesuai lagi peruntukannya, sejumlah barang-barang elektronik, satu unit jet sky, sejumlah rumah toko (ruko) di bilangan Kompleks Latanete Plaza, dan ketujuh adalah lahan yang berdiri bangunan bernama Gedung Juang 45 yang terletak di Jl Sultan Alauddin Makassar.

Kepala Bidang Ops Trantibum Satpol PP Sulsel Sultan Rakib saat dikonfirmasi Sabtu (18/12/2021) mengatakan, sebenarnya masih banyak aset Pemprov Sulsel  yang tersisa yang belum ditertibkan yang seharusnya ditertibkan tahun ini (2021) tapi karena alasan pandemi, kemungkinan akan dimaksimalkan pada 2022 mendatang.

“2022 akan lebih banyak lagi yang akan ditertibkan aset Pemprov Sulsel. Lahan pertanian paling banyak, menyusul sejumlah bangunan-bangunan beresertifikat milik pemprov namun masih dikuasai oleh pihak yang tak seharusnya,” jelas Sultan.

Sultan mengungkapkan, berdasarkan data yang diterima dari BKAD Sulsel sebagai OPD yang mengurusi aset Pemprov Sulsel, sedikitnya 27 item aset yang akan ditertibkan dan menjadi skala prioritas; di antaranya: ada tambak di Lero Suppa Kabupaten Pinrang, Bangunan Gedung diJl Budi Utomo Wajo, salah satu gedung di Jl. AP Pettarani Makassar, Tanah Sawah di Lamalaka Kabupaten Bantaeng, Tanah Sawah di Batukaropa Kabupaten Bulukumba, Tanah Bangunan Kantor di Jl Wijaya Kusuma Makassar, Tanah Kebun di Kabupaten Maros, Tanah kebun di Kecamatan Bone-bone Lutra, tanah kebun di Mannanti Sinjai, tanah bangunan rumah sakit Dg Ngeppe Makassar, lahan di sekitar GOR Sudiang, lahan pertanian di Tanru Tedong Kabupaten Sidrap, rumah dinas di Paotere sebagai aset Pemprov Sulsel yang telah dipisahkan kepada Perseroda Sulsel,rumah dinas di Parepare sebagai penngguna aset adalah PUTR Sulsel, rumah di Jl. Adhyaksa Makasssar, sejumlah ruko di Latanete Plaza dan lain sebagainya.

“Tahun depan (2022) jika dilancarkan kita akan tertibkan bersama seluruh stake holder,’ ujar Sultan.

Akhir tahun ini, lanjutr Sultan, sebenarnya Satpol PP bersama seluruh pihak terkait dalam hal ini Perseroda Sulsel sebenarnya turun menertibkan rumah dinas di Paotere sebagai salah satu aset Pemprov Sulsel yang telah dipisahkan ke perseroda, namun karena pertimbangan Nataru (Natal dan Tahun Baru) maka akan dilaksanakan awal tahun 2022.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved