Breaking News:

Tribun Luwu Utara

Tahun Depan 4 Bus Damri Beroperasi di Luwu Utara, Ini Rutenya

Empat unit tersebut melengkapi dua unit Damri yang pada Januari 2021 lalu resmi beroperasi dengan rute Masamba-Sabbang-Rongkong.

Penulis: Chalik Mawardi | Editor: Saldy Irawan
humas
Dua unit bus perintis Damri yang sudah beroperasi sejak Januari 2021 di Kabupaten Luwu Utara. 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Empat bus perintis Damri kembali akan didatangkan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Empat unit tersebut melengkapi dua unit Damri yang pada Januari 2021 lalu resmi beroperasi dengan rute Masamba-Sabbang-Rongkong.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Luwu Utara, Abdul Hakim Bukara, menuturkan, kehadiran Damri sebagai implementasi misi ketiga bupati dan wakil bupati.

Yakni konektivitas antar wilayah terutama wilayah terpencil.

"Khusus sektor transportasi, kita memprogramkan bus Damri kerjasama dengan Balai Transportasi Daerah (BPTD) WIL XIX Sulselbar dengan tarif bersubsidi," kata Hakim Bukara, Selasa (14/12/2021).

Terkait rute, ia menyebutkan, tahun depan dua unit bus Damri tersebut akan beroperasi dengan rute Masamba-Malangke Barat-Baebunta Selatan.

Sementara dua unit lainnya diperuntukkan untuk rute Masamba-Seko.

"Tentu menyesuaikan kondisi progres pengerjaan akses jalan. Sama seperti dua unit yang beroperasi tahun ini dengan rute Masamba-Sabbang-Rongkong," katanya.

"Dengan kehadiran bus perintis tahun depan, kita berharap masyarakat yang dilintasi rute tersebut dapat menikmati moda transportasi sekelas bus yang terjangkau secara ekonomis," harap Hakim Bukara.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menuturukan, kehadiran bus Damri diharap dapat memberikan alternatif moda transportasi.

Khususnya bagi masyarakat di wilayah terpencil.

"Mohon doata semua dan tentu kita berharap semua unit bus Damri yang beroperasi di Luwu Utara bisa dirawat dengan baik agar pemanfaatannya pun bisa maksimal," pinta Indah.

Manajer Usaha Perum Damri Makassar, Misran Hakim, mengungkapkan penambahan trayek ini atas permintaan Bupati Luwu Utara.

Yang menginginkan bus Damri juga meluaskan layanan trayeknya ke Malangke.

"Ini atas permintaan ibu bupati. Jadi ada penambahan dua unit bus Damri untuk rute tersebut tapi sekali lagi nanti 2022," jelas Misran.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved