Breaking News:

Politeknik ATI Makassar

Mahasiswa Nanjing University Manfaatkan Laboratorium Poltek ATIM untuk Riset

Mahasiswa Nanjing University asal Sulawesi Selatan melakukan riset dengan memanfaatkan fasilitas laboratorium di Politeknik ATI Makassar

Penulis: Rudi Salam | Editor: Suryana Anas
Politeknik ATI Makassar
Mahasiswa Nanjing University asal Sulawesi Selatan, Andi Arifuddin Alam melakukan riset dengan memanfaatkan fasilitas Laboratorium di Politeknik ATI Makassar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Mahasiswa Nanjing University asal Sulawesi Selatan, Andi Arifuddin Alam melakukan riset dengan memanfaatkan fasilitas Laboratorium di Politeknik ATI Makassar.

Arifuddin merupakan alumni program studi Teknik Manufaktur Industri Agro Politeknik ATI Makassar yang berkesempatan melanjutkan kuliah di Nanjing University.

Ia melanjutkan studinya pada program studi Material Processing Engineering dengan beasiswa dari Chinese Government Scholarship sejak 2018.

Akibat Pandemi Covid-19, Arifuddin terpaksa melakukan risetnya di Indonesia. 

Ia pun mengajukan izin menggunakan fasilitas laboratorium di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya Politeknik ATI Makassar.

"Saya mengirimkan surat izin untuk melakukan penelitian di laboratorium Politeknik ATI Makassar karena melihat fasilitasnya yang cukup lengkap untuk mendukung riset saya," kata Arif via rilis ke tribun-timur.com, Jumat (26/11/2021).

Arif menjelaskan, riset yang ia lakukan berjudul 'Fe3O4-TiO2 Nanotube Electrocatalysts to Investigate Oxygen Evolutio Reaction'.

Riset tersebut mencoba melihat reaksi evolusi oksigen dalam material yang dapat dimanfaatkan dalam pengembangan energi terbarukan, seperti solar cell. 

Penelitian tersebut akan berlangsung hingga Desember 2021 mendatang.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Kimia Mineral (TKM), Andi Arninda menilai pemberian izin kepada Arif untuk melakukan penelitian di laboratorium Politeknik ATI Makassar adalah sebuah bentuk dukungan kepada alumni. 

"Kami tentu mendukung jika ada alumni yang mau meneliti di sini, tapi pemberian izin hanya sebatas penggunaan alat yang tersedia. Untuk bahan maupun alat lain yang diperlukan dalam penelitiannya, Arif menyiapkan sendiri," kata Arninda.

Ia pun berharap penelitian yang dilakukan Arif dapat bermanfaat untuk bidang ilmunya dan bisa membawa nama baik Politeknik ATI Makassar. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved