Breaking News:

Covid 19

Penyebab Angka Vaksinasi Covid-19 Turun, Kementerian Kesehatan atau Kemenkes Ungkap Data

Data dari Kementerian Kesehatan RI ( Kemenkes ), capaian vaksinasi Covid-19 pada akhir-akhir ini turun. Salah satunya terjadi di kota besar.

Editor: Edi Sumardi
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Vaksinasi Covid-19 untuk warga di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulsel, Sabtu (27/3/2021).  

TRIBUN-TIMUR.COM - Data dari Kementerian Kesehatan RI ( Kemenkes ), capaian vaksinasi Covid-19 pada akhir-akhir ini turun.

Salah satunya terjadi di kota besar.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi menyebut, hoaks menjadi salah satu penyebab warga enggan divaksin.

Penurunan terjadi kendati saat ini ketersediaan vaksin dan vaksinator tercukupi.

Berdasarkan data survei, ada 15 persen warga ragu-ragu divaksin dan 7 persen masih menolak.

Menanggapi rendahnya angka vaksinasi, Ketua Yayasan Sinergi Vaksinasi Merdeka, Devie Rahmawati mengungkap, beredarnya hoaks sesungguhnya tak melulu jadi hambatan masyarakat untuk enggan untuk menerima vaksin Covid-19.

"Isu bahwa masyarakat enggan vaksin karena misalnya urusan ideologis itu padahal tidak sama sekali. Keengganan masyarakat di Jakarta dan daerah penyangga untuk vaksinasi Covid-19 terkait persoalan teknis," ujarnya dalam kegiatan virtual dialoag KCPEN, Rabu (24/11/2021).

Menurut Devie, berdasarkan pengamatan yang dilakukan pihaknya, masyarakat di kota besar enggan pergi ke sentra vaksinasi karena persoalan teknis.

Seperti tidak memiliki kendaraan untuk mengakses sentra vaksinasi serta keseharian masyarakat adalah pekerja harian.

"Ketika sebuah lokasi vaksinasi itu terpusat maka yang terjadi adalah semua orang menuju di sana lalu muncul antrian ketika antri berarti kan butuh waktu lebih lama untuk bisa mendapatkan kesempatan divaksin bagi saudara-saudara kita yang memiliki pendapatan harian ini tentu saja menyulitkan," jelas Devie Rahmawati.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved