Breaking News:

Politeknik ATI Makassar Bekali Dosen Pengolahan Data Sains Hadapi Industri 4.0

Dua narasumber, yaitu Ketua Inkubator Teknologi dan Bisnis Fakultas Teknik Unhas, Dr Indrabayu dan Dosen Politeknik Negeri Semarang, Dr Kurnianingsih.

Penulis: Rudi Salam | Editor: Waode Nurmin
Dok
Kegiatan ini diselenggarakan Unit Advanced Manufacturing Center (AMC) Politeknik ATI Makassar sejak Rabu (17/11/2021) hingga Jumat (19/11/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Politeknik ATI Makassar membekali dosennya dengan ilmu data sains dengan menggelar Webinar dan Workshop Pengenalan Data Sains untuk Pengambilan Keputusan di Industri 4.0.

Kegiatan ini diselenggarakan Unit Advanced Manufacturing Center (AMC) Politeknik ATI Makassar sejak Rabu (17/11/2021) hingga Jumat (19/11/2021).

Kegiatan webinar menghadirkan dua narasumber, yaitu Ketua Inkubator Teknologi dan Bisnis Fakultas Teknik Unhas, Dr Indrabayu dan Dosen Politeknik Negeri Semarang, Dr Kurnianingsih.

Sedangkan dalam kegiatan workshop Dr Indrabayu didampingi dua pemateri lain, yakni M Rudini Kurniawan Amiruddin dan Arjun Sutrisno.

Selain itu, dua dosen dari program studi Otomasi Sistem Permesinan juga dihadirkan sebagai pemateri. Keduanya adalah Julianti Habibuddin dan Asyraful Insan Arsy.

Ketua AMC Politeknik ATI Makassar, St Wetenriajeng Sidehabi mengatakan, kegiatan ini merupakan program unit AMC sebagai training center yang melakukan reskilling dan upskilling sumber daya manusia industri dalam mengoperasikan teknologi terkini agar berdaya saing di era industri 4.0.

Dengan mengikuti kegiatan ini, para dosen di Politeknik ATI Makassar akan mempelajari penggunaan sejumlah software pengolahan data sains, seperti MATLAB, Python, Weka, dan RStudio.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini terjadi delivery pengetahuan mengenai data sains untuk pengambilan keputusan pada Industri 4.0. Sehingga akan terjadi transfer ilmu dari dosen ke mahasiswa,"katanya.

Tenri menjelaskan, Kementerian Perindustrian berupaya mengimplementasikan Making Indonesia 4.0 dengan membangun Pusat Inovasi dan Pengembangan SDM Industri (PIDI) 4.0.

"PIDI 4.0 ini terus mendukung pengembangan sumber daya manusia industri agar berdaya saing di era Industri 4.0. Karena SDM ini berperan penting dalam mendukung aktivitas industri sehingga lebih produktif, inovatif, dan kompetitif,"tambahnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved