Breaking News:

Mengenal Catalyst Changemakers Lab dari YABB, Atasi Permasalahan Akses Air Minum & Ketahanan Bencana

YABB juga menggandeng dengan Social Innovation Accelerator Program (SIAP) untuk dapat menjalankan program tersebut.

Penulis: Desi Triana Aswan | Editor: Suryana Anas
Rilis YABB
Event virtual yang digelar YABB dalam rangka mengenalkan program Catalyst Changemakers Lab dari YABB, Atasi Akses Air Minum & Ketahanan Bencana untuk Semua 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Organisasi nirlaba yang didirikan Gojek, meluncurkan Catalyst Changemakers Lab (CCL), Jumat (5/11/2021).

CCL merupakan sebuah program inovatif bagi para changemakers (agen perubahan) untuk berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan akses air minum layak dan ketahanan bencana hidrometeorologi melalui inovasi dan teknologi.

Melalui program inovatif ini, YABB mengajak perusahaan rintisan (startup) dan organisasi masyarakat sipil (CSO) untuk bergabung dan melahirkan solusi yang akan diaplikasikan di berbagai kota di Indonesia.

Tak sendirian, YABB juga menggandeng dengan Social Innovation Accelerator Program (SIAP) untuk dapat menjalankan program tersebut.

Untuk diketahui, SIAP merupakan sebuah platform pengembangan dan akselerasi wirausaha sosial.

Nantinya, CCL akan menjadi penghubung untuk mempertemukan para pemangku kepentingan dari multisektor dengan fokus pada pendekatan pola pikir sistematik (system change thinking) dan kepemimpinan transformasional (transformational leadership).

Selanjutnya, Pilot Project akan dilaksanakan untuk memastikan solusi dapat digunakan dengan baik, sehingga pemanfaatan teknologi bisa benar-benar membantu masyarakat luas di berbagai tempat.

Chairwoman Yayasan Anak Bangsa Bisa, Monica Oudang, dalam rilis yang diterima Tribun Timur, Kamis (11/11/2021) mengatakan upaya CCL ini didasari dari kesadaran bahwa air merupakan kebutuhan utama untuk menopang kehidupan manusia.

“Namun kami melihat ada dua isu yang membutuhkan kita untuk bergerak bersama," jelasnya.

Hal pertama, yang harus diperhatikan yakni bagaimana air bisa diakses oleh setiap individu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved