Breaking News:

Khazanah Islam

Mengenal Istilah Orang Munafik, Sifat yang Paling Dibenci Allah SWT

Mereka adalah orang-orang yang menampakkan keimanan dan menyimpan kekufuran

Editor: Muh. Irham
int
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Dalam Islam, ada golongan manusia yang dikenal sebagai golongan munafik. Golongan ini paling dibenci oleh Allah SWT selain orang kafir dan musyrik.

Allah SWT mengancam orang-orang munafik dengan ancaman yang keras. Mereka adalah orang-orang yang menampakkan keimanan dan menyimpan kekufuran. Mereka adalah “Orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya.”

Munafik bisa diterjemahkan dengan sebutan untuk orang yang masuk dan ikut dalam barisan orang Islam, tetapi tidak dengan hati mereka. Mereka hanya Islam dan mengaku Islam, tetapi hati mereka tetap seperti semula.

Prilaku ini persis dengan prilaku yarbu’ atau hewan sejenis tikus. Sarang hewan ini berupa lubang di tanah dengan banyak pintu.

Jika hewan dicari dari salah satu pintu lubang, dia akan keluar dari pintu yang lain. Hal ini selaras dengan pendapat yang menyebut kata munafik berasal dari kata nifaq yang artinya pintu lubang sarang yarbu’.

Dalam ranah Bahasa Indonesia, orang munafik semacam ini sering disebut dengan orang bermuka dua. Berhadapan dengan siapa, apa diucapkannya. Berhadapan dengan siapa lagi sudah berbeda apa yang dia ucapan serta sikapnya.

Orang semacam ini lah yang sering menjadi pemicu terjadi perselisihan. Motif yang digunakan sering kali mengadu domba dan merusak suatu hal dari dalam.

Maka tidak heran, jika munafik adalah bagian sikap dan sifat yang amat berbahaya. Sikap ini bukan hanya dikecam, tetapi juga harus terus diperangi dalam diri seorang Muslim.

Terkait dengan pengertian munafik, ada salah satu dalil Quran yang bisa menjadi rujukan tentang itu. Dalil Quran tersebut berada pada ayat 1-3 Surat al Munafiqun. Bunyi ayatnya adalah sebagai berikut:

إِذَا جَاءَكَ الْمُنَافِقُونَ قَالُوا نَشْهَدُ إِنَّكَ لَرَسُولُ اللَّهِ وَاللَّهُ يَعْلَمُ إِنَّكَ لَرَسُولُهُ وَاللَّهُ يَشْهَدُ إِنَّ الْمُنَافِقِينَ لَكَاذِبُونَ (1) اتَّخَذُوا أَيْمَانَهُمْ جُنَّةً فَصَدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ إِنَّهُمْ سَاءَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (2) ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ آَمَنُوا ثُمَّ كَفَرُوا فَطُبِعَ عَلَى قُلُوبِهِمْ فَهُمْ لَا يَفْقَهُونَ (3

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved