Breaking News:

Kemenkumham Sulsel

End User Training (EUT) SAKTI 2021 Digelar di Kanwil Kemenkumham Sulsel

Pelatihan diselenggarakan di Aula Kanwil Kemenkumham Sulsel diikuti 45 operator keuangan dari 15 Satker Kemenkumham wilayah kerja KPPN Makassar II.

Penulis: Hutami Nur Saputri | Editor: Suryana Anas
Kemenkumham Sulsel
Pelatihan End User Training (EUT) SAKTI 2021 di Aula Kanwil Kemenkumham Sulsel. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto, mengatakan bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Makassar II dalam memberikan pelatihan End User Training (EUT) SAKTI, Selasa (02/11/2021).

Peserta kegiatan sebanyak 45 operator keuangan dari 15 Satuan Kerja Kemenkumham wilayah kerja KPPN Makassar II.

"SAKTI adalah singkatan dari Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi," ucap Kakanwil Harun saat membuka acara yang diselenggarakan di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, pada Senin (01/11/21).

Kakanwil Harun menjelaskan bahwa SAKTI digunakan sebagai sarana bagi satuan kerja dalam mendukung implementasi SPAN (Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara) untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahap perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

Acara diselenggarakan di Aula Kanwil Kemenkumham, Senin (01/11/2021).
Acara diselenggarakan di Aula Kanwil Kemenkumham, Senin (01/11/2021). (Kemenkumham Sulsel)

Sebelum adanya SAKTI, ada banyak aplikasi yang digunakan satuan kerja pengelola APBN.

Aplikasi tersebut saling berkaitan namun belum terintegrasi sehingga masih diperlukan pengiriman data antar aplikasi menggunakan ADK (Arsip Data Komputer).

Dengan adanya aplikasi SAKTI terjadi penyederhanaan dalam satu aplikasi sehingga mempermudah dalam pengelolaan perbendaharaan.

Lebih lanjut Harun mengatakan bahwa pelatihan aplikasi SAKTI ini dimaksudkan agar setiap peserta yang merupakan user/operator perbendaharaan dapat memiliki pengalaman dalam mengoperasikan aplikasi SAKTI secara penuh pada tahun 2022 mendatang.

Harun mengungkapkan bahwa pada tahun 2020, Kanwil Sulsel meraih peringkat pertama IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) antar Kanwil se-Indonesia.

Untuk itu, Harun berpesan kepada peserta agar dapat mempertahankan IKPA seperti tahun lalu.

Narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari Kepala KPPN Makassar II Adi Setiawan beserta tim Trainer yakni Wahyu Dwi Aryadi, Nur Hasnah, Rusli D, dan Aprilia Nurqibtiah.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Kepala Seksi Manajemen dan Kepatuhan Internal KPPN Ribut Santosa.

Baca juga: Profil Zesar Idrus, Karateka Lapas Makassar yang Dapat Piagam Kakanwil Kemenkumham Sulsel

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved