Breaking News:

Tribun Wajo

Armayani Resmi Jabat Sekda Wajo

Bupati Wajo, Amran Mahmud resmi melantik Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Armayani, di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo

TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSYAH ABDI GUNAWAN
Bupati Wajo, Amran Mahmud resmi melantik Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Armayani, di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Senin (1112021). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Bupati Wajo, Amran Mahmud resmi melantik Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Armayani, di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Senin (1/11/2021).

Armayani diketahui adalah peraih nilai tertinggi pada seleksi terbuka lelang jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama Sekda Wajo beberapa waktu lalu.

Amran Mahmud, menyebutkan bahwa pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah Kabupaten Wajo merupakan salah satu amanat dari UU 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Antara lain mengamanatkan bahwa pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif dikalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas.

"Berdasarkan laporan hasil seleksi terbuka dan saran pertimbangan anggota pansel, serta memperhatikan surat rekomendasi Ketua KASN dan persetujuan Plt Gubernur Sulsel, maka saya selaku Pejabat Pembina Kepegawaian menetapkan SK pengangkatan Sekda sebagaimana kita ketahui bersama hasil dari uji kompetensi yang telah dilakukan oleh pansel, Ibu Armayani, memperoleh nilai tertinggi dari 3 peserta terbaik," katanya.

Beberapa indikator penilaian kompetensi meliputi penilaian rekam jejak, assessment center (kompetensi manajerial), kompetensi teknis dan penulisan makalah.

Menurutnya, pelantikan hari ini menjadi penting karena Sekda memiliki peran yang strategis dalam pemerintahan yakni penyusunan kebijakan pemerintahan daerah dan pengoordinasian serta melaksanakan tugas-tugas pelayanan administratif baik sebagai Kepala Perangkat Daerah Sekretariat Daerah maupun tugas-tugas yang diemban oleh seluruh kepala perangkat daerah.

"Disamping itu juga Sekda harus menjadi sparing partner menjembatani semua elemen terkait antara lain DPRD, Forkopimda dan mampu mengkoordinasikan tugas para perangkat daerah yang ada dibawahnya agar tercipta sinergitas pemerintahan," katanya.

Berkaitan dengan pengangkatan Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, Amran Mahmud berpesan kepada seluruh kepala OPD dalam hal ini kepala dinas, kepala badan, sekretaris DPRD, camat se-Kabupaten Wajo untuk bersama-sama mengawal tugas-tugas pengabdian.

"Bekerja dengan seksama, cermat, dan penuh kesungguhan serta mencermati secara mendalam isi dari Surat Pernyataan Pakta Integritas yang telah kita buat dan tanda tangani," katanya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Wajo, Herman, Sekda yang ditetapkan harus dapat membantu Bupati dan Wakil Bupati Wajo pada tataran kebijakan dan teknis operasional dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan untuk mewujudkan visi misi pemerintahan.

"Bagi Sekretaris Daerah yang ditetapkan, jabatan ini merupakan amanah dan puncak karier ASN dilingkup Pemda sehingga dalam pelaksanaan tugas nantinya bisa menunjukkan profesionalisme sebagai seorang ASN, patriot sejati, dan pamong praja yang akan menjadi panutan bagi para pejabat dan staf dibawahnya," katanya.

Lebih lanjut, proses lelang jabatan Sekda Wajo telah dilakukan secara terbuka dan setiap tahapannya diumumkan di website BKPSDM.

Sebagaimana diketahui, dari 3 nama yang mendaftar, nama Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Wajo, Armayani meraih skor paling tinggi, yakni 87,54%.

Lalu, disusul nama Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Wajo, Alamsyah, dengan skor 82,96%. Terakhir ada nama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, yang juga menjabat sebagai Pj Sekda Wajo, Andi Ismirar Sentosa dengan skor 82,14%. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved