Breaking News:

Penyakit Ginjal

Kenali Penyebab Penyakit Gagal Ginjal yang Dialami Almarhum Oddie Agam

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis Dr. Kiki Maharani, Sp.PD mengatakan ada banyak faktor penyebab penyakit gagal ginjal

Editor: Muh. Irham
kompas.com
Oddie Agam 

TRIBUN-TIMUR.COM - Penyanyi Oddie Agam menghembuskan napas terakhir, Rabu (27/10/2021) setelah mendapat perawatan usai didiagnosis mengalami kerusakan pada organ ginjal.

Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit gagal ginjal.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis Dr. Kiki Maharani, Sp.PD mengatakan ada banyak faktor penyebab penyakit gagal ginjal.

Terutama apabila pasien memiliki riwayat penyakit komorbid, sehingga memicu masalah pada organ ginjal.

"Bisa jadi penyakit komorbidnya, misalnya punya penyakit diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol, sehingga itu bisa menyerang organ-organ seperti ginjal hingga jantung," kata dr Kiki saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

Ginjal adalah organ yang berbentuk seperti kacang yang berada di kedua sisi tulang belakang dan berukuran kecil. Fungsi ginjal adalah sebagai penyaring limbah dari darah, membuat urin dan membantu mengontrol tekanan darah Anda.

Penyebab penyakit gagal ginjal

Saat ada penyakit komorbid yang tidak terkontrol, kata dr Kiki, atau penyebab lain yang berdampak pada gangguan ginjal, maka itu akan menyebabkan penyakit gagal ginjal.

Sebelum didiagnosis mengalami sakit ginjal, yakni kerusakan ginjal, Oddie Agam sebelumnya diketahui memiliki riwayat stroke.

Gangguan ginjal yang dideritanya baru diketahui saat penyanyi dan pencipta lagu tersebut dilarikan ke rumah sakit karena sulit bernapas, batuk tak berhenti hingga air seni mengeluarkan darah.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved