Breaking News:

Cuaca

Sampai Kapan Suhu Udara Panas Landa Indonesia? Ini Penjelasan BMKG

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu tertinggi di siang hari meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Editor: Muh. Irham
int
Ilustrasi suhu panas 

TRIBUN-TIMUR.COM - Suhu udara di Indonesia dalam beberapa hari terakhir ini cenderung panas pada siang hari.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu tertinggi di siang hari meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Ada dua penyebab suhu panas menjelang musim penghujan tiba di Indonesia. 

1. Posisi matahari di atas Pulau Jawa, Bali, dan NTT

Kepala Bidang Diserminasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko menjelaskan, setidaknya suhu maksimum yang meningkat dapat disebabkan beberapa hal.

Salah satunya, pada Oktober, kedudukan semua gerak matahari tepat di atas Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, dalam perjalanannya menuju posisi 23 derajat lintang selatan setelah meninggalkan ekuator.

Posisi semu Matahari di atas Pulau Jawa akan terjadi dua kali, yaitu di bulan September atau Oktober dan Februari atau Maret.

“Sehingga puncak suhu maksimum terasa di wilayah Jawa hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) terjadi di seputar bulan-bulan tersebut,” papar Hary.

Cuaca cerah, lanjut dia, juga menyebabkan penyinaran langsung sinar matahari ke permukaan lebih optimal sehingga terjadi pemanasan suhu permukaan.

2. Siklon tropis

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved