Breaking News:

Bikers di Bulukumba Sumbangkan Darah di Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri 2021

Bahkan kegiatan berlanjut dengan membagikan masker kepada pengguna jalan di tiga titik, yaitu Jl Lanto Dypasewang, Jl Pettarani, dan perempatan Jl Sri

Penulis: Ari Maryadi | Editor: Abdul Azis Alimuddin
handover
Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ di Gedung ITD RSUD Andi Sulthan Dg Radja, Jl Serikaya akhir pekan lalu, ternyata banyak diikuti pendonor baru. 

TRIBUN-TIMUR.COM, BULUKUMBA - Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ di Gedung ITD RSUD Andi Sulthan Dg Radja, Jl Serikaya akhir pekan lalu, ternyata banyak diikuti pendonor baru.

Dari total 72 peserta, lebih dari 60 persen di antaranya baru pertama kali mendonorkan darahnya.

Wahid, selaku Koordinator Acara mengatakan, sebanyak 8 komunitas motor Bold Riders (V-One Jeneponto, RSC Jeneponto, Byonic Jeneponto, SSFC Bantaeng, MXRC Jeneponto, M2C Bulukumba, B-Max Bulukumba, dan G-Spot Bulukumba) ambil bagian dalam kegiatan ini. Satu lagi komunitas berasal dari The Macz Man Bulukumba yang tergabung dalam Super Friends Bulukumba.

“Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021 ini berlangsung sukses. Dalam kegiatan ini, berhasil terkumpul 50 kantong darah. Kegiatan seperti ini tentu memberikan manfaat bagi banyak orang,” ujar Iwa, sapaannya, Sabtu (23/10/2021).

Suasana donor darah di Gereja Petra Makassar, Minggu (17/10/2021).
Suasana donor darah di Gereja Petra Makassar, Minggu (17/10/2021). (TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI)

Iwa menambahkan, para peserta donor darah dari komunitas Bold Riders Bulukumba dan Super Friends Bulukumba ini berhak mendapatkan doorprize seusai acara.

Bahkan kegiatan berlanjut dengan membagikan masker kepada pengguna jalan di tiga titik, yaitu Jl Lanto Dypasewang, Jl Pettarani, dan perempatan Jl Srikaya, Bulukumba.

“Meski kasus Corona cenderung terus menurun, teman-teman dari komunitas Bold Riders Bulukumba dan Super Friends Bulukumba mengajak masyarakat untuk tetap waspada. Salah satunya adalah dengan tetap mengenakan masker saat beraktivitas. Makanya, teman-teman membagikan 200 masker kepada para pengguna jalan,” lanjut Iwa.

Aktivitas donor darah oleh komunitas di Bulukumba ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) yang ikut terlibat dalam pembuatan dan pemecahan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kolaborasi KITA terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat.

Di bulan Oktober 2021 ini, yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 88 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

Anggota Permabudhi Sulsel bersama Ketua PMI Kota Makassar berdiskusi dalam acara Donor Darah di Vihara Lahuta Maitreya Jl Wahab Tarru, Kelurahan Bulo Gading, Kecamatan Ujungpandang, Kota Makassar, Minggu (2/10/2021)
Anggota Permabudhi Sulsel bersama Ketua PMI Kota Makassar berdiskusi dalam acara Donor Darah di Vihara Lahuta Maitreya Jl Wahab Tarru, Kelurahan Bulo Gading, Kecamatan Ujungpandang, Kota Makassar, Minggu (2/10/2021) (TRIBUN-TIMUR.COM/KASDAR)

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/kabupaten, kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama di antara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan donor darah ini juga diharapkan akan memecahkan rekor MURI. Ada dua kategori rekor MURI yaitu donor darah di kota dan kabupaten terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya, pada 2020, kolaborasi KITA juga telah mendapatkan penghargaan MURI yaitu donor darah oleh komunitas terbanyak dan donor darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak.

Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2020’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.(*)

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved