Breaking News:

Citizen Reporter

DPRD Sidenreng Rappang Sosialisasi Perda Bumdes di Desa Lainungan

Regulasi daerah penting untuk mendukung program BUMDes ini, termasuk bagaimana mempercepat pendaftaran BUMDEs secara online di Kemenkumham

Editor: Waode Nurmin
dok
Kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah No 13 tahun 2016 tentang BUMDes di Desa Lainungan Kecamatan Watang Pulu pada hari Kamis (21/10/2021) 

Syahribulan Palemmai

TAPM P3MD Sidenreng Rappang

Melaporkan dari Sidrap, Sulsel

KEGIATAN Sosialisasi Peraturan Daerah No 13 tahun 2016 tentang BUMDes di Desa Lainungan Kecamatan Watang Pulu pada hari Kamis (21/10/2021) menghadirkan narasumber Ketua DPRD Sidrap Rappang H. Ruslan SH, M.AP , Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra, Sekretariat Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang Andi Muhammad Faisal Burhanuddin, SH dan Sekretaris DPMD-PPA Kabupaten Sidenreng Rappang Suharya Angraini, S.STP, M.Si.

Rappang H. Ruslan menjelaskan tujuan kegiatan yakni memperkenalkan dan menginformasikan regulasi daerah terkait Pendirian dan Pengelolaan BUMDEs di Kabupaten Sidenreng Rappang.

Juga menjelaskan pentingnya pelaksanaan BUMDEs dikelola dengan baik sesuai potensi yang dimiliki desa, dalam peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD) dan berharap dalam lomba desa ke depan, keberhasilan BUMDes menjadi salah satu indikator penilaian lomba.

Dan beberapa perjuangan lain di DPRD nantinya bersama APDESI akan memperjuangkan kepentingan masyarakat Sidenreng Rappang termasuk pengawalan anggaran hingga tahun 2022.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Sekretariat Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang, memaparkan 3 (tiga) tugas utama DPRD adalah sosialisasi peraturan daerah melalui fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Dukungan Pemerintah Daerah dalam peningkatan Ekonomi Desa termasuk masyarakat Desa Lainungan melalui BUMDes. Sedangkan Sekretaris DPMD-PPA, dalam pemaparannya bahwa kegiatan BUMDes menjadi prioritas setiap tahun dari Pemerintah pusat dimana harapannya ada sumber pendapatan desa selain Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yakni PAD desa.

Regulasi daerah penting untuk mendukung program BUMDes ini, termasuk bagaimana mempercepat pendaftaran BUMDEs secara online di Kementerian Hukum dan HAM RI.

Dalam kesempatan ini juga Kepala Desa Lainungan Andi Haruna Pawelloi akan mengalokasikan anggaran Penyertaan Modal BUMDes sebesar 1 milyar selama masa pemerintahannya, dukungan dari Pendamping Desa dibutuhkan dalam pengelolaan BUMDES Lainungan Mandiri sebagai semangat dalam mengelola potensi desa melalui BUMDes.

Dalam sesi akhir, Ketua DPRD, sebelum menutup kegiatan berkomitmen bahwa untuk tahun 2022, akan memperjuangkan dana Pembinaan BUMDes di 68 Desa di Kabupaten Sidenreng Rappang dan dimasukkan dalam anggaran DPMD-PPA Kabupaten Sidenreng Rappang.

Pada kesempatan Sosialisasi ini juga hadir Sekretariat DPRD Kabupaten Sidenreng Rappang, Abd Halik dan Syahribulan Palemmai, TAPM Sidenreng Rappang dan Syahrir Nur sebagai Pendamping Desa Wilayah Kecamatan Watang Pulu serta Masyarakat Desa Lainungan.

Kegiatan terselenggara kerjasama antara DPRD Kabupaten Sidenreng Rappang, APDESI dan Pemerintah Desa Lainungan.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved