Breaking News:

Keuangan

Tips Mengatur Keuangan untuk Karyawan yang Bergaji Rp 5 Juta Per Bulan

Namun, menabung merupakan bagian penting jika kamu mau kondisi keuangan kamu aman dalam jangka waktu yang lama

Editor: Muh. Irham
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Ternyata menabung itu tidak gampang loh, apalagi untuk kamu yang memiliki banyak kebutuhan tapi gaji masih pas-pasan.

Namun, menabung merupakan bagian penting jika kamu mau kondisi keuangan kamu aman dalam jangka waktu yang lama.

Segudang manfaat dari menabung tidak hanya mempermudah kamu kedepannya tapi juga melindungi kamu dari berbagai situasi ‘darurat’ yang bisa mengancam kapan saja.

Seperti ketika harus memperbaiki rumah karena banjir atau harus pergi ke luar kota atau ke luar negeri karena urusan mendadak.

Tentu tanpa ada tabungan darurat tentu akan sangat sulit mengatasi masalah-masalah seperti diatas.

Namun, kebanyakan orang sukar menabung bukan hanya karena mereka menyepelekan manfaat dari menabung itu sendiri tapi juga karena merasa gaji mereka tidak bisa mencukupi membayar kebutuhan lain kalau harus ikut menyisihkan untuk menabung. Terutama bagi mereka yang masih bergaji Rp5 jutaan.

Sebenarnya, menabung itu tidak terlalu sulit. Yang membuat sulit adalah membangun komitmen untuk mendisiplinkan diri dalam menabung.

Nah, yang kamu butuhkan agar bisa menabung dengan gaji pas-pasan tanpa harus takut kekurangan biaya untuk membayar kebutuhan lain adalah tips yang tepat dalam mengatur gaji kamu.

Biar tambah semangat untuk menabungnya, berikut beberapa tips dan simulasi dalam mengatur gaji Rp5 jutaan agar tetap bisa menabung sampai Rp12 juta tiap tahunnya:

1. Sisihkan Biaya Tranportasi (Rp200rb – Rp600rb)

Hal yang harus kamu utamakan ketika menerima gaji adalah memisahkan biaya tranportasi terlebih dahulu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved