Breaking News:

Kementan

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo Tekankan Pentingnya Data dan Informasi Publik

Data dan informasi publik merupakan senjata utama pada sektor pertanian yang tidak boleh diakrobatik.

Editor: Hasriyani Latif
Kementan RI
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam kegiatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2021 di Jakarta, Senin (11/10/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Menteri Pertanian RI (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menegaskan pentingnya layanan dan akses data dan keterbukaan informasi publik dalam menjalankan roda pembangunan pertanian masa depan yang memiliki misi maju, mandiri dan modern.

Informasi publik kata Mentan Syahrul Yasin Limpo merupakan awal dari lahirnya sebuah data yang penting sebelum melakukan pengambilan kebijakan.

"Di masa sekarang ini informasi publik menjadi sangat penting, informasi publik membuat kita mampu membangun hal-hal baru dan melahirkan konsepsi serta program yang berbasiskan pada data. Yang lebih penting informasi publik mampu melahirkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat," tegas Mentan dalam kegiatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2021 di Jakarta, Senin (11/10/2021).

Demikian siaran pers Kementan kepada tribun-timur.com. Mentan mengatakan, data dan informasi publik merupakan senjata utama pada sektor pertanian yang tidak boleh diakrobatik (dipermainkan) menjadi sebuah kebijakan yang menyesatkan.

Sebab dari informasi yang terpublikasi nantinya akan melahirkan transparansi.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam kegiatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2021 di Jakarta, Senin (11/10/2021).
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam kegiatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2021 di Jakarta, Senin (11/10/2021). (Kementan RI)

"Dari informasi yang terbuka itu maka akan melahirkan akuntabilitas publik, sudah cocok tidak antara data dan harapan dan kebutuhan publik? Kita bilang data kita bagus, tapi publik bilang tidak. Itu kan repot. Maka transparansi membangun akuntabilitas publik," katanya.

Sebagai informasi, tahun 2020 lalu Kementerian Pertanian memperoleh 24 penghargaan tingkat kementerian dari lembaga negara dan Institusi nasional.

Semua penghargaan itu diraih kementan melalui pijakan data dan informasi publik.

"Secarik pengharagaan ini membuktikan bahwa itulah hasil kerja keras kita. Ini lebih mahal dari uang, dan inilah yang dibutuhkan," katanya.

"Transparansi dan akuntabilitas dalam membangun tim yang kuat, menjadi bagian yang harus terus dilakukan. Yang paling mahal dalam melakukan tugas dan mencapai prestasi tugas adalah bukan dari uang yang tersedia, dan prasarana yang ada. Tapi dari semangat dan kemauan," lanjutnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved