Breaking News:

Ikatek Unhas

Tanggap Bencana Banjir dan Longsor di Walenrang, Tim Reaksi Cepat Ikatek Unhas Aktifkan Air Bersih

Aksi-aksi yang dilakukan tim Ikatek Unhas dan Bersama Berbagi di setiap musibah adalah kebutuhan darurat, salah satunya mengaktifasi air bersih

Penulis: Arwin Ahmad | Editor: Arif Fuddin Usman
dok ikatek unhas
Team Reaksi Cepat Ikatek Unhas hadir sebagai relawan di musibah banjir dan longsor di Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (6/10/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Team Reaksi Cepat Ikatan Alumni Teknik Universitas Hasanuddin ( Ikatek Unhas) hadir sebagai relawan di musibah banjir dan longsor di Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (6/10/2021).

Aksi-aksi yang dilakukan tim Ikatek Unhas dan Bersama Berbagi di setiap musibah adalah kebutuhan darurat, salah satunya mengaktifasi kebutuhan air bersih.

Seperti dijelaskan Koordinator Tim Reaksi Cepat Ikatek Unhas Muh. Syukri Turusi, pihaknya menyediakan tandon air besir dan lengkap dengan jaringan pipa air.

"Adapun penyediaan air bersih untuk warga yang menjadi korban banjir dan longsor diambil dari mata air di sebelah sungai," ujar Syukri dalam rilis ke tribun-timur.com.

"Jarak mata air dari tandon sekitar 120 meter dari rumah warga. Insya Allah bisa memenuhi kebutuhan warga," lanjutnya.

Dalam usaha memasang pipa dari tandon dan sumber mata air, setidaknya medannya cukup menantang.

Pasalnya untuk pipanisasi guna mengalirkan air bersih ke tempat penampungan air bersih warga, harus menyeberangi sungai.

Team Reaksi Cepat Ikatek Unhas hadir sebagai relawan di musibah banjir dan longsor di Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (6/10/2021).
Team Reaksi Cepat Ikatek Unhas hadir sebagai relawan di musibah banjir dan longsor di Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Rabu (6/10/2021). (dok ikatek unhas)

"Arus air sungai cukup deras. Jadi tim harus bergelantungan di jembatan gantung yang rusak untuk memasang pipa untuk alirkan air dari mata air," jelas Syukri.

Tokoh masyarakat Desa Siteba Sallang mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan Relawan Ikatek Unhas.

Tim Reaksi Cepat Ikatek Unhas sendiri akan bersama pengungsi selama beberapa hari ke depan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved