Breaking News:

Tribun Jeneponto

Urus KTP Elektronik di Jeneponto Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin Covid-19

Ia mengeluh 'ribetnya' pengurusan pembuatan KTP elektronik atau KTP-el karena harus menunjukkan surat keterangan vaksin.

Penulis: Muh Rakib | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/MUH RAKIB
Suasana Kantor Disdukcapil Jeneponto, Sabtu (2/10/2021) 

TRIBUN-TIMUR.COM, JENEPONTO - Seorang warga Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan mengeluhkan layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jeneponto.

Ia mengeluh 'ribetnya' pengurusan pembuatan KTP elektronik atau KTP-el karena harus menunjukkan surat keterangan vaksin covid-19 ke petugas.

Persyaratan ini sudah berlaku sejak sepekan lalu di Disdukcapil Jeneponto.

Beberapa hari lalu, Ari yang merupakan warga Kecamatan Bangkala mengaku datang ke Dukcapil Jeneponto untuk membuat KTP-el.

Setelah sampai, ia tidak diberikan pelayanan karena tidak membawa surat keterangan sudah vaksin.

"Mau keluar daerah. Jadi menguruska KTP, tapi tidak dilayanika karena tidak ada kartu vaksinku," ujarnya saat ditemui tribun-timur.com di halaman kantor Dukcapil, Kamis (30/9/2021).

Sementara, kata dia, saat ingin vaksin, ia terkendala karena tidak memiliki KTP.

"Sebelum kesinika ke Puskesmas Bangkalaja dulu mau vaksin tapi namintai KTP. Disiniki mengurus KTP namintaiki lagi kartu vaksin," bebernya.

Ia pun mengaku kebingungan dengan aturan tersebut.

Sementara itu, pantauan tribun-timur.com di depan pintu kantor Disdukcapil, tertempel poster pengumuman yang menyatakan bahwa bagi warga yang ingin mengurus KTP-el diwajibkan membawa kartu vaksin.

"Disampaikan kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Jeneponto yang ingin mengurus dokumen administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jeneponto, wajib menunjukkan kartu vaksin," demikian isi pengumuman tersebut.

Pengumuman tersebut ditembuskan ke bupati Jeneponto, kapolres Jeneponto, dan dandim 1425 Jeneponto.

Sementara itu, hingga berita ini tayang Kepala Disdukcapil Jeneponto, Jafar yang dikonfirmasi tribun-timur.com terkait aturan ini belum merespon.

Baik itu panggilan telepon maupun pesan WhatsApp.(*)

Laporan Kontributor Tribun Jeneponto, Rakib

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved