Breaking News:

Tribun Pinrang

KAPABEL dan Warga Tanam 25 Ribu Bibit Mangrove di Pinrang

Penanaman 25.000 mangrove sebagai upaya mitigasi bencana di kawasan pesisir DAS Saddang.

Penulis: Nining Angraeni | Editor: Hasriyani Latif
KAPABEL
Sejumlah Warga menanam bibit Mangrove di pinggiran Sungai Saadang, sebagai upaya menghindari Ablasi dan Abrasi. 

TRIBUNPINRANG.COM, CEMPA - Sebanyak 25 ribu bibit mangrove bakal ditanam sepanjang 1,2 kilometer hilir Daerah Aliran Sungai (DAS) Saddang.

Wilayah yang akan ditanami mangrove tersebut meliputi batas administrasi Desa Paria, Desa Bababinanga, Kecamatan Duampanua dan Desa Salipolo, Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Konsorsium Adaptasi Perubahan Iklim dan Lingkungan (KAPABEL) ini, akan turut serta diikuti oleh ratusan masyarakat desa.

Serta komunitas-komunitas binaan KAPABEL yang ada di Kabupaten Pinrang.

Rencana kegiatan akan berlangsung selama empat hari, yakni 23 - 26 September 2021.

Program Manager KAPABEL Wilayah Hilir Kabupaten Pinrang, Muhammad Faisal mengatakan kegiatan dengan pelibatan masyarakat ini adalah upaya yang perlu didukung penuh oleh semua pihak, meski tidak terdampak langsung oleh DAS Saddang.

"Penanaman 25.000 mangrove sebagai upaya mitigasi bencana di kawasan pesisir DAS Saddang khususnya di kawasan yang berpotensi terjadinya abrasi laut dan ablasi sungai saddang," katanya.

Kegiatan penanaman mangrove ini menjadi salah satu rangkaian dari Program Adaptasi Masyarakat Ekosistem DAS Saddang berbasis Pangan Hutan melalui pendanaan hibah internasional dari Adaptation Fund (AF).

KAPABEL menjadi salah satu entitas di Indonesia yang usulan programnya telah lolos dan memenuhi kriteria dari AF melalui Kemitraan (The Partnertship for Governance Reform) sebagai mitra resmi AF yang telah terakreditasi di Indonesia.

"Program KAPABEL yang telah berlangsung sejak bulan November 2020 ini merupakan Pilot Project AF di Indonesia," ucapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved