Breaking News:

Ponsel

9 Trik Mudah Agar Baterai HP Anda Tahan Lama

Sayangnya, sebaik apa pun spesifikasi baterai hp kita, tampaknya tetap tak bisa mengalahkan waktu, yang mengikis kemampuan dan kapasitas baterai.

Editor: Muh. Irham

TRIBUN-TIMUR.COM - Ponsel atau handphone sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang. Hampir setiap orang yang sedang beraktivitas, dipastikan akan memegang ponsel.

Bahkan, sebelum tidur, tak sedikit orang memanfaatkannya dengan berselancar di dunia maya sambil menunggu kantuk datang.

Handphone akan berfungsi dengan baik jika ditunjang dengan baterai yang prima. 

Sayangnya, sebaik apa pun spesifikasi baterai hp kita, tampaknya tetap tak bisa mengalahkan waktu, yang mengikis kemampuan dan kapasitas baterai.

Ya, seiring bertambahnya usia pemakaian, kinerja baterai pun juga akan semakin menurun.

Pada umumnya, hp menggunakan baterai lithium-ion untuk penyimpanan energi. Dalam jenis baterai ini, logam litium dan ion litium bergerak masuk dan keluar dari masing-masing elektroda, sehingga menyebabkannya secara fisik mengembang dan berkontraksi.

Sayangnya, proses ini tidak sepenuhnya dapat dibalik dan baterai kehilangan kapasitas dan voltase pengisiannya seiring dengan bertambahnya jumlah siklus pengisian dan pengosongan.

Terlebih, elektrolit (cairan penghantar listrik) yang menghubungkan elektroda juga menurun selama siklus ini.

Kemampuan baterai litium-ion untuk menyimpan muatan bergantung pada tingkat degradasi.

Ini berarti ada hubungan antara bagaimana cara kita dalam menangani perangkat kita saat ini dengan kapasitas pengisian daya di masa yang akan datang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved