Breaking News:

KKB Papua

Sepak Terjang Lamek Taplo, Panglima OPM yang Pernah Tembak Helikopter M 17 TNI Hingga Jatuh

Lamek Taplo adalah pimpinan dari KKB Ngalum Gupel di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Editor: Muh. Irham
Kolase Tribunnews.com
Pimpinan KKB Papua Lamek Taplo dan anggotanya gunakan senapan TNI. (Tribunnews) 

TRIBUN-TIMUR.COM - Anggota TNI dan kelompok KKB Papua kembali terlibat kontak senjata, Senin (13/9/2021). Dalam inside ini, seorang anggota TNI terluka setelah terkena tembakan.

Insiden yang terjadi di pagi hari itu, melibatkan anggota KKB yang dipimpin Lamek Alipky Taplo atau lebih dikenal dengan Lamek Taplo.

Lamek Taplo adalah pimpinan dari KKB Ngalum Gupel di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Dilansir dari Tribun Papua, dia adalah Panglima Komando Daerah Pertahanan Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau yang disebut TPNPB.

Memang namanya tidak lebih tenar dari KKB Egianus Kogoya atau Goliath Tabuni. Namun dia memiliki sejumlah catatan hitam, seperti bertanggung jawab terhadap penembakan helikopter M 17 milik TNI hingga jatuh di daerah Pegunungan Papua pada Febuari 2020 lalu.

Di tahun yang sama, Lamek Taplo kembali berulah dengan menembak tiga prajurit TNI di Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (20/10/2020).

Terakhir, kelompok pimpinannya melakukan kontak senjata dengan TNI hingga satu orang aparat tertembak pada Senin (13/9/2021) kemarin.

Selain itu, kelompoknya juga membakar sejumlah fasilitas umum, seperti Puskesmas, pasar, bank, hingga sekolah di Distrik Kiwirok.

Kronologi penyerangan

Sekitar pukul 08.44 WIT, keberadaan KKB sudah terdeteksi oleh personel Pos Tinjau Pamtas Yonif 403/WP.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved