Breaking News:

Tribun Wajo

Bupati Wajo Paparkan Potensi Pembangunan Pabrik Pupuk di Acara SSIC 2021

Selain itu, kondisi pasar juga menjadi pertimbangan penting dalam kajian produk Petrokimia berbasis gas yang akan dibangun di Wajo.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan | Editor: Saldy Irawan
TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSYAH
Bupati Wajo, Amran Mahmud 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Bupati Wajo, Amran Mahmud, memaparkan sejumlah potensi investasi Kabupaten Wajo dalam kegiatan South Sulawesi Investment Challenge yang merupakan program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) dan Bank Indonesia (BI), Selasa (14/9/2021).

Program ini dilakukan untuk memacu pertumbuhan investasi di beberapa daerah di Sulsel.

Mengikuti secara virtual dari Kantor Bupati Wajo, Amran Mahmud salah satunya mengulas potensi investasi berupa pembangunan pabrik pupuk mini ammonia, urea, maupun natrim phospor dan kalium (NPK) terintegrasi. 

Amran Mahmud mengungkapkan, pembangunan pabrik pupuk mini ammonia, urea, dan NPK terintegrasi merupakan bagian visi misi dari pemerintahan Kabupaten Wajo saat ini, yakni Pemerintahan Amanah Menuju Wajo Maju dan Sejahtera. 

Amran Mahmud menyebutkan, pembangunan pabrik pupuk mini ammonia, urea, dan NPK terintegrasi dilatari produksi gas saat ini cukup besar, yakni 60 million standard cubic feet per day (MMSFD) pada tiga sumur produksi.

Cadangan 269 billion standard cubic feet (BSCF) diperuntukkan untuk liquefied natutal gas (LNG) plan dengan produksi away sebesar 0,5 MPTA atau setara 500.000 metrik ton per tahun.

Selain itu, kondisi pasar juga menjadi pertimbangan penting dalam kajian produk Petrokimia berbasis gas yang akan dibangun di Wajo.

Walaupun bukan satu-satunya, pasar adalah faktor yang menentukan apakah sebuah produk layak atau tidak untuk di produksi. Pasar yang produknya besar tentu menjadi peluang bagi produk Petrokimia untuk dihasilkan. 

"Pasar produk Petrokimia mempunyai segmentasi pasar yang luas. Mendirikan pabrik Petrokimia bukan hanya untuk memasok kebutuhan lokal dalam hal ini Kabupaten Wajo, tetapi potensinya besar hingga ke pasar global," katanya.

Bupati bergelar doktor ini berharap pembangunan pabrik pupuk mini ammonia, urea, dan NPK terintegrasi dapat memberikan jaminan ketersediaan pupuk, baik suplai maupun harganya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved