Breaking News:

Makanan

Untuk yang Berusia 40 Tahun, Ini Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Perubahan metabolik ini secara signifikan membuat penambahan berat badan bisa terjadi lebih mudah

Editor: Muh. Irham
kompas.com
Ilustrasi usia 40 tahun 

TRIBUN-TIMUR.COM - Usia 40 tahun termasuk puncak produktif bagia manusia. Di usia ini, tubuh mengalami banyak perubahan. Sebagian dari perubahan ini bisa membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan dan perlu diantisipasi.

Salah satu perubahan yang terjadi menjelang usia paruh baya adalah perubahan metabolik.

Perubahan metabolik ini secara signifikan membuat penambahan berat badan bisa terjadi lebih mudah dan menahan penambahan berat badan menjadi lebih sulit.

Oleh karena itu, penting bagi tiap orang yang sudah memasuki usia 40 tahun untuk membuat pilihan-pilihan gaya hidup yang lebih sehat. Dalam hal pola makan misalnya, ada beberapa minuman dan makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan yang optimal.

Berikut ini adalah empat makanan dan minuman di antaranya, seperti dikutip dari EatThis, Sabtu.

1. Minuman bersoda

Minuman bersoda bukanlah asupan yang menyehatkan bagi semua kelompok usia. Akan tetapi, dampak buruk dari kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda akan semakin terasa pada orang-orang yang sudah memasuki usia 40-an tahun.

 
photo
Minuman soda (ilustrasi) - (PxHere)

Adjunct professor di bidang nutrisi dari NYU Lisa Young PhD RDN mengatakan , minuman tinggi gula seperti soda berkaitan dengan kenaikan berat badan, obesitas, dan diabetes. Young mengatakan, individu berusia 40 tahun ke atas perlu lebih berhati-hati terhadap berat badan dan asupan gula mereka.

"Ingat, kenaikan berat badan mengintai Anda seiring dengan proses penuaan," ungkap Young.

Mengonsumsi minuman bersoda tak membutuhkan kegiatan mengunyah. Oleh karena itu, kalori dan gula yang tinggi dari minuman bersoda bisa masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak dengan mudah. Di saat yang sama, asupan ini tak memunculkan sinyal kenyang.

2. Mentega

Penggunaan mentega dalam sajian masakan sepertinya perlu dipertimbangkan ulang bagi individu yang sudah memasuki usia 40-an tahun. Mentega dikenal kaya akan lemak jenuh. Asupan lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dan berkontribusi pada penyakit jantung.

 
 
photo
Mentega - (Flickr)

"Seiring dengan pertambahan usia Anda, kolesterol Anda bisa meningkat, demikian juga risiko Anda terhadap penyakit jantung," jelas Young.

3. Makanan manis olahan

Beragam pencuci mulut yang manis dan lezat memang menggiurkan. Akan tetapi , makanan dan camilan tinggi gula seperti dessert olahan sebaiknya dihindari ketika seseorang memasuki usia 40 tahun ke atas.

Chocolate chips cookies - (flickr)

Makanan pencuci mulut seperti kue, cookie, pie, dan permen kerap mengandung gula olahan. Kandungannya dapat memperburuk inflamasi dan nyeri otot. Makanan seperti ini juga bisa berkontribusi pada peningkatan berat badan yang cepat.

4. Alkohol

Minum alkohol dapat menyebabkan mengganggu kesehatan lebih dari yang diperkirakan kebanyakan orang, khususnya ketika seseorang sudah memasuki usia 40-an tahun. Asupan alkohol dapat memperburuk beragam kondisi seperti kesulitan tidur, kenaikan berat badan, dan inflamasi.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved