Breaking News:

Kesehatan

Inilah Makanan yang Bisa Dongkrak Melatonin, Tidur Jadi Nyenyak

Dalam ilmu kesehatan, fase tidur seseorang dipegaruhi oleh sebuah hormon yang dikenal sebagai melatonin.

Editor: Muh. Irham
int
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kesulitan tidur sering dialami oleh sebagian orang. Kebanyakan hal ini terjadi karena pengaruh psikologis dan karena pengaruh kesehatan seseorang.

Dalam ilmu kesehatan, fase tidur seseorang dipegaruhi oleh sebuah hormon yang dikenal sebagai melatonin. Hormon Melatonin berhubungan dengan jumlah cahaya.

Hormon ini ditemukan secara alami dalam tubuh dan disintetis melalui triptofan, asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Asam amino tersebut bisa diperoleh dari mengonsumsi makanan tertentu, karena diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Tapi, Anda juga harus konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengonsumsi suplemen tambahan guna mendapatkan melatonin.

Pada dasarnya, tubuh kita memiliki 2 jenis melatonin, yakni melatonin yang dikembangkan di kelenjar pineal dan diproduksi di organ.

Melatonin pertama dari kelenjar pineal adalah fotosensitif, yaitu diproduksi sesuai dengan jumlah cahaya yang diterima dan bertanggung jawab untuk mengendalikan ritme biologis tidur.

Melatonin kedua yang disebut melatonin ekstrapineal diproduksi dalam jumlah yang lebih besar, tetapi produksinya tidak terkait dengan cahaya.

Di antara fungsinya yang paling penting adalah perlindungan seluler, karena memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Melatonin pineal mengontrol jam biologis tubuh kita sebagai hal utama yang bertanggung jawab atas siklus istirahat kita. Setiap orang mulai memproduksi melatonin pineal saat senja, ketika kita mulai merasakan lebih sedikit cahaya dan produksi maksimumnya muncul di kegelapan malam.

Melatonin ini tidak menyebabkan tidur, tapi seolah-olah bertindak sebagai pil tidur. Karena, tugasnya bukan membuat kita tertidur, tetapi mengingatkan kita perlunya istirahat.

Fungsi kedua jenis melatonin itu pun berbeda. Melatonin ekstrapineal adalah melatonin yang benar-benar independen dari kelenjar pineal. Fungsinya terjadi pada tingkat sel, mengatur fungsi seluler dengan bertindak sebagai antioksidan, mencegah penuaan sel, dan anti-inflamasi dalam melindungi sel.

Dilansir dari Bright Side, Adapun beberapa makanan yang bisa membantu mendapatkan triptofan untuk tubuh mensintesisnya.

Buah-buahan = ceri dan pisang
Sayuran = bayam, bit, wortel, seledri, dan brokoli
Kacang = kenari
Sereal = beras dan gandum (terutama biji-bijian), serta jagung manis
Kacang-kacangan dan biji-bijian = Buncis, lentil, kedelai, dan wijen, labu, dan biji bunga matahari
Daging = kalkun, ayam, dan ikan berminyak kaya akan triptofan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved