Breaking News:

Citizen Reporter

Ritual Mappanaung dan Indahnya Gua Tampalaka Jadi Potensi Wisata Desa Sambueja Maros

TERDAPAT satu dusun yang masih sangat kental dengan adat istiadatnya, tepatnya di Desa Sambueja, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulsel

Penulis: CitizenReporter | Editor: Edi Sumardi
CITIZEN REPORTER/AHMAD SYAUQI
Sungai dan gua karst di Desa Sambueja, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, yang menjadi potensi wisata desa ini. 

Ahmad Syauqi

Perwakilan Pemerintah Desa Sambueja, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan

Melaporkan dari Maros

TERDAPAT satu dusun yang masih sangat kental dengan adat istiadatnya, tepatnya di Desa Sambueja, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Para pemuda dan pemudi di desa ini yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Sadar Wisata (Kopemsat) berinisiatif menggali lebih ke dalam potensi dusun tersebut.

Di dusun ini masyarakatnya punya kebiasaan yang mengakar secara turun-temurun, yakni ritual mappanaung berupa mandi di Telaga Bunting setelah pesta pernikahan.

Saat mandi di telaga, pasangan pengantin baru membawa masakan berupa songkolo (nasi ketan) serta ayam untuk disantap di tempat bernama Tampalaka.

Menurut keterangan dari ketua adat serta masyarakat Dusun Tanalompoa, ritual ini dilaksanakan sebagai bukti ucapan rasa syukur kepada Allah SWT yang dengan rahmat dan izin-Nya sehingga pasangan muda-mudi tersebut bisa menyatu dalam satu ikrar janji, yaitu pernikahan.

Acara aje’ne’ – je’ne’ bagi muda-mudi yang telah melangsungkan pernikahan juga menjadi salah satu potensi budaya desa ini.

Pada awal musim hujan tepatnya, pasangan suami-istri serta warga lainnya melaksanakan ritual mandi bersama di Sungai Tampalaka dengan membawa bekal makanan siap santap.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved