Breaking News:

BPJS Kesehatan Cabang Makale

Manfaat Program JKN-KIS Tidak Pernah Mengecewakan

Program JKN-KIS mendapat apresiasi dari masyarakat karena kemudahan dan manfaat yang diberikan

Editor: Suryana Anas
BPJS Kesehatan Cabang Makale
Maria (43), salah satu peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU). 

Toraja Utara – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terus mendapat apresiasi dari masyarakat karena kemudahan dan manfaat yang diberikan, tak terkecuali oleh Maria (43), salah satu peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU).

Ia mengakui merasakan langsung manfaat menjadi peserta Program JKN-KIS.

Membayar iuran tiap bulan melalui pemotongan 1% dari penghasilan tidak membuatnya menyesal karena mengetahui manfaat yang diterima justru lebih besar.

Hal itu ia yakini menurut pengalamannya yang telah menggunakan manfaat tersebut selama ini.  

“Soal pelayanan kesehatan, Program JKN-KIS tidak pernah mengecewakan. Kebetulan saya memiliki riwayat hipertensi dan beberapa tahun lalu sempat mengalami stroke ringan sehingga harus dirawat intensif di Rumah Sakit Elim. Mungkin pola hidup dan pola makan saya yang menjadi pemicunya. Namun syukurlah sekarang saya sudah merasa sehat kembali tak terlepas dari Program JKN-KIS ini,” ujar Maria, Selasa (27/07/2021). 

Maria merasa sangat terbantu dengan adanya program ini.

Pelayanan pada fasilitas kesehatan tempat ia dirawat sangat baik, baik dari segi fasilitas maupun tenaga medis.

Hal tersebut tentu tidak lepas dari koordinasi baik yang terjalin antara BPJS Kesehatan dan Rumah Sakit.

“Pelayanan yang saya dapat sangat baik dari petugas kesehatan. Selain itu saya juga tidak dikenakan iur biaya hanya membayar selisih saja karena saya mengambil kamar perawatan di atas hak kelas perawatan saya yang terdaftar. Namun bukan masalah berarti karena biaya pengobatan sesuai hak saya semuanya ditanggung BPJS Kesehatan kecuali selisih tadi. Entah berapa biaya yang harus saya keluarkan jika tidak menjadi peserta karena saat itu saya dirawat selama seminggu lebih,” tutur Maria.

Dari pengalamannya tersebut, setiap kali membutuhkan pelayanan kesehatan, ia tak segan-segan menggunakan manfaat Program JKN-KIS. Ia yang juga merupakan pegawai HRD dari salah satu badan usaha di Toraja Utara sehingga ia tahu persis mengenai hak dan kewajiban menjadi peserta JKN-KIS.

“Kebetulan saya juga yang menangani kepesertaan pegawai di BU kami. Setiap pegawai telah kami daftarkan sebagai peserta karena sudah merupakan kewajiban bagi pemberi kerja untuk mendaftarkan dan membayarkan iuran JKN-KIS bagi karyawannya sesuai dengan ketentuan yang ada. Selama ini koordinasi dengan BPJS Kesehatan juga berlangsung dengan baik. Harapan kami semoga BPJS Kesehatan terus memberikan kualitas layanan dan manfaat terbaik kepada kami,” katanya. (*)
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved