Breaking News:

Tanaman Porang

Panduan Bertanam Porang, Tanaman Umbi yang Berpotensi Membuat Petaninya Kaya Raya

Dalam waktu dekat, pemerintah berencana memproduksi beras dengan bahan dasar umbi porang.

Editor: Muh. Irham
Tangkapan layar video
Penggagas Sekolah Porang Sidrap Syaharuddin Alrif saat berbagi tips menamam porang di kebunnya. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo meminta kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk memperhatikan tanaman porang. Sebab, tanaman umbi ini diprediksi akan menjadi makanan pokok bagi manusia di masa mendatang.

Dalam waktu dekat, pemerintah berencana memproduksi beras dengan bahan dasar umbi porang.

Selain diprediksi sebagai makanan pokok, porang juga punya banyak manfaat misalnya sebagai bahan baku industri kosmetik dan obat-obatan.

Harga tanaman porang dapat mencapai Rp 10.000 per kilogram dapat mudah ditanam dan dibudidayakan.

Bahkan keuntungan yang didapat dari budidaya porang mencapai puluhan juta hingga miliaran rupiah. Berikut ini cara menanam porang dengan hanya bibit porang liar hingga untung Rp. 50 juta dari petani asal Nusa Tenggara Timur, Agustinus Adil (49).

Siapkan Lahan

Sebelum menanam porang, persiapkan lahan terlebih dahulu.  Jika alang-alang dan rumput tumbuh di lahan tersebut, jangan disemprot dengan obat-obatan kimiawi.

Rumput dan alang-alang itu dibersihkan dengan sabit dan parang. Selanjutnya, rumput dan alang-alang yang sudah dibersihkan itu dibiarkan tergeletak di tanah.

Gali tanah dan buat terasering Setelah itu tanah yang akan ditanami porang digali. Jika semua itu sudah dilakukan, dilanjutkan dengan pembuatan terasering berbentuk horizontal.

Terasering bertujuan agar tanah tidak terbawa erosi saat musim hujan. Manfaat terasering selain menahan erosi saat musim hujan tiba, juga memudahkan petani untuk membersihkan tumbuhan liar yang tumbuh di sela-sela tanaman porang.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved