Breaking News:

Timor Leste

Nasib Warga Negara Timor Leste Masuk Indonesia Langsung Ditangkap oleh TNI, Tujuan Pelaku Terungkap

Hal itu membuat anggota TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad menangkapnya.

Editor: Ansar
Kompas.com
PLBN Motamasin- anggota TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad menangkap WN Timor Leste. (Sigiranus Marutho Bere/Kompas.com) 

TRIBUN-TIMUR.COM - Seorang warga Timor Leste berinisial AA (39) ditangkap oleh aparat TNI.

Pria tersebut masuk batas Indonesia-Timor Leste secara ilegal.

Hal itu membuat anggota TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad menangkapnya.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor barat Letkol Arm Andang Radianto mengatakan, AA merupakan warga Distrik Covalima, Timor Leste.

"Dia ditangkap anggota Pos Auren Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, tadi malam, karena tidak memiliki dokumen," ujar Andang, kepada Kompas.com, Kamis (29/7/2021).

Andang menuturkan, penangkapan itu bermula dari laporan salah satu warga Dusun Raihenek, Desa Rainawe, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur.

Warga itu mencurigai orang tak dikenal yang berada di depan rumahnya sekitar pukul 23.00 Wita. Warga tersebut lalu menelepon anggota TNI yang berada di Pos Auren.

Praka Tamsir yang menerima laporan itu langsung menindaklanjutinya dengan melapor kepada Danpos Auren Letda Arm Andis.

Prajurit TNI pun mendatangi lokasi untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.  

Andang mengatakan, anggotanya yang bergerak ke lokasi langsung menangkap dan menginterogasi AA.

"Dari hasil interogasi didapati info, yang bersangkutan mengaku warga Timor Leste dan tidak membawa identitas diri serta legalitas untuk memasuki wilayah Indonesia," kata dia.

Kepada anggotanya, AA mengaku telah memasuki wilayah Indonesia secara ilegal pada pukul 09.00 Wita.

AA mengaku menjenguk keluarganya di Desa Rainawe.

Setelah itu, anggotanya membawa AA ke Koramil setempat untuk dilakukan pendalaman.

Kemudian, tadi pagi sekitar pukul 09.30 Wita, anggota Pos Auren bersama pihak Koramil dan polisi menyerahkan pelintas batas ilegal tersebut ke pihak imigrasi PLBN Motamasin untuk diproses lebih lanjut sebelum dideportasi ke Timor Leste.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WN Timor Leste Ditangkap karena Masuk Indonesia Secara Ilegal, Mengaku Menjenguk Keluarga"

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved