Breaking News:

Penanganan Covid

Hanya Dua Hari Dibuka, Ruang Isolasi Covid-19 BBPK Makassar Langsung Penuh

Hanya dua hari dibuka, kamar isolasi Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar di Antang langsung penuh.

Penulis: Ari Maryadi | Editor: Suryana Anas
Dok Pribadi
Pembina Relawan Tim Bantuan Medis Calcaneus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas), dr Hisbullah. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Hanya dua hari dibuka, kamar isolasi Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar di Antang langsung penuh.

BBPK Makassar saat ini dihuni 34 orang pasien positif Covid-19. Kawasan BBPK Makassar menyediakan tempat isolasi bagi pasien positif covid-19 yang tidak bergejala dan tidak bisa isolasi di rumah.

Kamar isolasi itu dibuka sejak Jumat (23/7/2021) pekan lalu. Keesokan harinya Sabtu (24/7/2021) ruang isolasi sudah langsung penuh.

"Hanya dalam kurun waktu dua hari saja langsung penuh, dibuka hari jumat, sabtu langsung full," kata penanggung jawab isoman di BBPK, dr Hisrullah saat dihubungi Tribun Timur Rabu (28/7/2021) malam.

Pembina Relawan Tim Bantuan Medis Calcaneus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) ini mengaku tidak menyangka ruang isolasi akan penuh hanya dalam kurun waktu dua hari.

Bahkan saat ini ada 200-an pasien positif Covid-19 yang sedang mengantri ingin masuk ke BBPK Makassar.

"Mengantre ada 200-an, sisinya begitumi, dijanji terus karena tidak disangka banyak begini," katanya.

Dari 34 pasien positif covid itu, ada pasien berusia 74 tahun, selebihnya pasien berumur 30-an tahun.

dr Hisrullah menjelaskan BBPK Makassar sejatinya memiliki dua gedung. Satu gedung lainnya memiliki kapasitas 50-an orang.

Pihaknya yang tidak menyangka akan banyak pasien awalnya hanya menyediakan satu gedung.

Pihaknya berencana baru akan membuka kembali ruang isolasi di gedung satunya lagi pada hari Sabtu (31/7/2021) mendatang.

"Sebenarnya bisa kapasitas 80 orang, tapi kita hanya siapkan satu gedung berkapasitas 32 orang. Mungkin lusa dibuka lagi satu gedung,  gedung kedua kapasitas 50, tapi baru mau dibersihkan hari jumat, disemprot apa, disiapkan sprei," ujarnya. (*)

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. Tribun-timur.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved