Breaking News:

Sastra Masuk Sekolah Siap Digelar di SMAN 18 Bulukumba, Yuk Donasikan Bukumu untun Mereka!

Donasi buku dibuka hingga Senin (26/7/2021) mendatang Buku yang terkumpul akan sepenuhnya di sumbangkan kepada SMAN 18 Bulukumba.

Penulis: Nur Fajriani R | Editor: Waode Nurmin
UNM
Keterangan: Poster Sastra Masuk Sekolah yang digelar HMPS Sasindo UNM. 

TRIBUNTIMURWIKI.COM - Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa dan Sastra Indonesia (Sasindo) Dewan Mahasiswa (DEMA) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan menyelenggarakan Sastra Masuk Sekolah (SMS) pada Sabtu 31 Juli-Sabtu 7 Agustus 2021 mendatang..

Rencananya SMS ini akan berlangsung di SMA Negeri 18 Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Untuk diketahui SMS ini menjadi salah satu wujud pengawalan mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia yang turut andil dalam perkembangan dan kemajuan literasi dan kesusastraan di Indonesia.

Nantinya para mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia UNM akan memperkenalkan sastra kepada siswa SMA serta mengajak meningkatkan kreativitas dalam hal literasi dan kesusastraan, baik secara teoritis maupun dalam praktek serta aktualisasinya.

Adapun tema SMS tahun ini yakni Jejak Sastra Menuju Ruang Keabadian.

Dengan tema tersebut diharapkan sastra dapat di jadikan sebagai media atau wadah dalam pembelajaran kepenulisan.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan hadir dalam SMS 2021 diantaranya, Seminar Literasi, Ladang Baca, Kelas Sastra, Pelatihan Visualisasi Puisi dan Drama, Lomba Menulis, Donasi Buku, dan yang menjadi Highlight setiap tahunya adalah Malam Sastra.

Ketua Panitia SMS 2021 Rusci Lestari Syam menjelaskan alasan SMAN 18 Bulukumba dipilih menjadi tempat SMS tahun ini.

"Sebelum memilih SMAN 18 Bulukumba, kami terlebih dahulu melakukan riset tentang sekolah yang ada di Sulawesi Selatan, dengan memilih beberapa kriteria di antara lain dari segi literasi yang minim di sekolah, kurangnya pembelajaran dan pengenalan sastra kepada siswa, dan sekolah yang berada di tempat terpencil. Sehingga dari itu kami memilih SMAN 18 Bulukumba sebagai tempat SMS tahun ini," jelasnya dalam keterangan resmi yang diterima Tribun Timur, Kamis (15/7/2021).

Ketua Umum HMPS SASINDO, Zulhijjah berharap SMS dapat menjadi wadah pembelajaran bagi mahasiswa dan siswa di SMAN 18 Bulukumba.

"Kami berharap nantinya Sastra Masuk Sekolah ini bisa menjadi wadah pembelajaran bagi teman-teman mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia dan juga untuk siswa-siswi di SMAN 18 Bulukumba khususnya dalam konteks literasi dan kesusastraan," harapnya.

Dalam Kegiatan ini para panitia juga membuka Donasi Buku bagi yang ingin menyumbangkan dapat hubungi kontak panitia SMS di 085394583968 (Ismawati).

Donasi buku dibuka hingga Senin (26/7/2021) mendatang Buku yang terkumpul akan sepenuhnya di sumbangkan kepada SMAN 18 Bulukumba.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved